Iklan
Iklan

Jamur Portobello Ternyata Sangat Bermanfaat bagi Kesehatan

- Advertisement -
Pernah mencicipi jamur portobello? Selain memiliki rasa yang lezat dan bisa diolah menjadi beragam jenis makanan, jamur ini juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh, lho. Beragam manfaat jamur portobello ada berkat berbagai kandungan nutrisi di dalamnya.

Jamur portobello merupakan jamur kancing putih yang dibiarkan terus tumbuh hingga matang. Jamur ini memiliki ukuran yang besar, warna kecokelatan, serta teksturnya tebal dan juicy menyerupai daging. Jamur portobello kerap kali menjadi alternatif pengganti daging bagi kaum vegan dan vegetarian.

Sejumlah Manfaat Jamur Portobello

Jamur Portobello

Jamur portobello tidak mengandung lemak dan mengandung beragam nutrisi, seperti protein, karbohidrat, vitamin B, vitamin D, vitamin K, folat, kolin, selenium, kalsium, fosfor, dan kalium. Dilihat dari banyaknya nutrisi di dalam jamur portobello, tak heran jika jamur ini menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan.

Berikut adalah macam-macam manfaat jamur portobello yang perlu diketahui:

1. Mencukupi kebutuhan protein

Karena tidak mengonsumsi daging, pelaku vegan atau vegetarian berisiko tidak mendapatkan asupan protein yang cukup. Padahal, protein sangat diperlukan untuk menghasilkan sel dan jaringan tubuh baru, meningkatkan massa dan kekuatan otot, meningkatkan fungsi organ tubuh, serta melindungi tubuh dari virus dan bakteri.

Untuk membantu memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh, jamur portobello bisa diandalkan. Jamur ini kaya akan protein, yakni sekitar 2,1 gram dalam 100 gramnya.

2. Mencukupi kebutuhan vitamin B

Vitamin B merupakan nutrisi yang memproduksi sel darah merah, menjaga kesehatan sistem saraf, menghasilkan berbagai macam hormon, serta membantu mengurangi stres. Kebutuhan vitamin ini bisa dipenuhi dengan mengonsumsi jamur portobello.

Di dalam jamur portobello, terkandung berbagai jenis vitamin B, seperti vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B5 (asam pantotenat), dan vitamin B6 (piridoksin).

3. Menjaga kesehatan jantung

Dalam 100 gram jamur portabello terkandung sekitar 18,5 gram selenium, yakni salah satu mineral yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Penelitian menyatakan bahwa asupan selenium yang tercukupi dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung sebanyak 24%.

Selain itu, kandungan serat dan antioksidan pada jamur portobello diketahui dapat membantu mengurangi jumlah kolesterol dan mencegah terjadinya sumbatan pembuluh darah (aterosklerosis).

4. Memperkuat daya tahan tubuh

Selain menjaga kesehatan jantung, selenium dapat bertindak sebagai antioksidan untuk membantu menurunkan stres oksidatif di dalam tubuh, sehingga dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Nutrisi lainnya yang terkandung di dalam jamur portabello, seperti protein dan vitamin B, juga dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh bisa lebih kuat malawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

5. Mencegah kanker

Manfaat lain dari jamur portobello adalah mampu mencegah, menghancurkan, dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Manfaat ini ada berkat tingginya kandungan antioksidan di dalam jamur portobello.

Riset menyebutkan bahwa pola makan tinggi serat yang meliputi buah, sayuran, serta jamur, termasuk jamur portobello, baik untuk menurunkan risiko terjadinya kanker, seperti kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker prostat. Namun, manfaat jamur portobello yang satu ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Di samping konsumsi makanan sehat, kamu juga dianjurkan untuk rutin berolahraga, berhenti merokok, melakukan vaksinasi, dan menerapkan seks aman untuk mencegah terjadinya kanker.

6. Mengontrol tekanan darah

Selain kaya akan antioksidan, jamur portobello mengandung banyak kalium. Kedua kanudngan ini bermanfaat untuk membantu mengontrol tekanan darah dan mencegah terjadinya hipertensi.

7. Memelihara fungsi dan kesehatan otak

Kesehatan dan fungsi otak bisa dipelihara dengan asupan gizi yang baik. Salah satu makanan yang baik untuk kesehatan otak adalah jamur, termasuk jamur portobello.

Kandungan antioksidan dan nutrisi penting lain, seperti kolin, serat, vitamin B, dan protein, diketahui dapat memperbaiki memori jangka panjang, mencegah kerusakan saraf, dan mencegah pikun.

8. Mengontrol berat badan

Berbagai riset menunjukkan bahwa asupan makanan sehat yang kaya akan sayur, buah, dan jamur, terlihat baik untuk mengontrol berat badan. Jadi, untuk kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan, jamur ini bisa menjadi pilihan menu makanan. Manfaat jamur ini akan lebih maksimal, apabila dibarengi dengan olahraga rutin.

Jamur Portobello

Itulah beragam manfaat jamur ini yang sayang untuk dilewatkan. Jamur ini bisa diolah menjadi beragam olahan masakan, mulai dari ditumis, dipanggang, dijadikan isian burger, atau diolah menjadi steak.

Ketika membeli jamur ini, pilihlah yang warna kecokelatannya merata dengan tangkai jamur yang kuat, tidak menyusut atau kering. Sebelum dimasak, dicuci jamur terlebih dahulu, namun hindari mencuci langsung dengan air.

Gunakanlah lap, tisu, atau kuas kecil yang sudah dibasahi. Bersihkan seluruh permukaan jamur sampai ke sela-sela bawah payungnya hingga kotoran atau pasir terlepas.

Manfaat jamur ini bisa kamu dapatkan jika mengonsumsinya secara rutin. Selain makan jamur ini, pastikan kamu mengonsumsi makanan sehat lainnya untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian.

Bila kamu menderita suatu penyakit atau sedang menjalani pengobatan tertentu dan ingin menggunakan jamur ini sebagai pengobatan alternatif, konsultasikanlah dengan dokter terlebih dahulu, ya.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA