Iklan
Iklan

Jaringan Teroris JI Berhasil Kumpulkan Dana Sumbangan Lebih dari Rp 124 Miliar

- Advertisement -
Kelompok jaringan teroris Jamaah Islamiyah (JI) berhasil mengumpulkan sumbangan sejak 2014 bernilai lebih dari Rp 124 miliar. Hal ini diungkapkan oleh Tim Densus 88 Antiteror Polri.

“Total aliran dana yang dikumpulkan oleh beberapa yayasan dan masyarakat mencapai Rp 124 miliar lebih,” ujar Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono, Jumat (20/8/2021).

Dana tersebut bersumber dari sumbangan masyarakat maupun beberapa perusahaan logistik yang dikumpulkan sejumlah yayasan yang merupakan sayap organisasi jaringan teroris JI, salah satunya Syam Organizer. Dari Rp 124 miliar dana yang terkumpul, baru Rp 1,2 miliar yang dialirkan ke JI.

Rincian dana tersebut sebagian besar berasal dari pembelian lahan senilai Rp 16,814 miliar. Kemudian, dana lainnya juga didapat dari perusahaan logistik PT SM senilai Rp 370 juta.

Kemudian, ada juga dana dari Syam Organizer senilai Rp 1,9 miliar. Sebelumnya, Polri telah mengungkapkan bahwa Syam Organizer merupakan yayasan amal kelompok jaringan teroris JI yang bergerak dalam penggalangan dana.

Selanjutnya, ada dari perusahaan logistik PT SJA, yang memberikan dana sebesar Rp 67 juta. Kemudian, ditemukan aliran dana yang mengalir dari BM ABA senilai Rp 1,2 miliar.

“Dana Rp 1,2 miliar berdasarkan dua rekening yang berbeda, yaitu FS dan RB,” kata Argo.

Setelah itu dana dari yayasan dan perusahaan logistik, JI juga mendapatkan dana dari BM ABA senilai lebih dari Rp 104 M. Dana tersebut kemudian digunakan oleh JI untuk membeli sebidang lahan senilai Rp 16,814 miliar di Pulau Kangean, Jawa Timur. Sebagian lagi digunakan untuk dana operasional.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA