Beranda TEKNOLOGI GADGET Jauhi Adware, Mari Hapus 21 Aplikasi Berbahaya Ini

Jauhi Adware, Mari Hapus 21 Aplikasi Berbahaya Ini

Perusahaan keamanan siber, Avast menemukan adanya bahaya adware di beberapa aplikasi. Menurutnya, total ada 21 aplikasi Android yang dianggap terinfeksi adware jahat. Sebagian aplikasi bahkan cukup populer di kalangan pengguna.

Mengutip Phone Arena, Senin (27/10/2020), para peneliti di Avast mempelajari dan menyisir aplikasi-aplikasi ini, termasuk ulasan dari pengguna. Aplikasi tersebut dipindai oleh para ahli keamanan siber Avast hingga tiga kali, selama enam bulan terakhir.

Mereka menyadari sebagian besar ulasan di aplikasi-aplikasi ini menyebut adanya iklan YouTube yang mempromosikan aplikasi ini. Selain itu, fungsinya pun berbeda dari judul aplikasi yang ditawarkan.

Setelah menarik perhatian dengan iklan yang menipu, pengembang dari 21 gim berbahaya ini mulai membombardir pelanggan dengan banyak iklan. Parahnya, iklan-iklan ini juga muncul di perangkat, meski pengguna sedang tidak membuka aplikasi.

Avast pun masuk dan membantu pengguna mendapatkan kendali penuh perangkat mereka yang telah terinfeksi dan memusnahkan iklan yang mengganggu.

Disebutkan, gegara iklan mengganggu ini, sistem smartphone pengguna menjadi sangat lambat. Oleh karenanya, banyak pengguna yang mengeluhkan hal ini di ulasan mereka.

Untuk itu, Avast menyarankan agar pengguna selalu berhati-hati sebelum menginstal aplikasi di perangkat mereka. Salah satu yang bisa dipertimbangkan adalah dari ulasan pengguna.

Berikut adalah daftar 21 aplikasi yang mengandung adware berbahaya, menurut Avast.

  1. Assasisin Legend – 2020 New Shoot Them
  2. Cream Trip – New
  3. Crush Car
  4. Deser Against
  5. Find 5 Differences – Puzzle Game
  6. Find 5 Differences – 2020 New
  7. Find Hidden
  8. Flying Skateboard
  9. Helicopter Attack-New
  10. Helicopter Shoot
  11. Iron It
  12. Jump Jump
  13. Money Destroyer
  14. Plant Monster
  15. Props Rescue
  16. Rolling Scroll
  17. Rotate Shape
  18. Rugby Pass
  19. Shoot Them
  20. Shooting Run
  21. Sway Man
loading...
Apa Tanggapan Anda Tentang Media Ini?