Beranda GAYA HIDUP Jerawat Tumbuh di Bibir Cenderung Lebih Nyeri, Ternyata Ini Penyebabnya

Jerawat Tumbuh di Bibir Cenderung Lebih Nyeri, Ternyata Ini Penyebabnya

Tumbuh
Jerawat juga sering tumbuh di bibir, disamping pada umumnya muncul di bagian dahi, pipi atau dagu. Penyebabnya bukan hanya kurangnya menjaga kebersihan namun ada beberapa faktor lainnya.

Jerawat tumbuh di bibir atau mulut tidak hanya mengganggu penampilan namun juga memberikan rasa tidak nyaman dan cenderung lebih nyeri. Jika Anda pernah mengalaminya, bisa jadi jerawat tersebut muncul karena faktor-faktor berikut.

1. Hormon Tidak Seimbang

Jerawat tumbuh di area bibir, umumnya dipengaruhi oleh hormon androgen yang meningkat secara drastis. Selain karena pubertas, jerawat tumbuh di sekitar bibir juga bisa terjadi karena menstruasi dan juga obesitas. Seperti yang diketahui bahwa menstruasi dan juga obesitas merupakan pemicu timbulnya ketidakseimbangan hormon androgen.

2. Stres Berlebih

Bukan rahasia lagi jika stress benar-benar berdampak negatif pada tubuh. Tak hanya membuat imunitas menurun atau berpengaruh pada kesehatan namun juga kecantikan. Ketika Anda stres berlebihan maka jerawat di sekitar bibir juga mudah muncul. Hal tersebut erat kaitannya dengan ketidakseimbangan hormon.

3. Pasta Gigi

Pasta gigi ternyata bisa juga menjadi pemicu timbulnya jerawat di area bibir. Faktor ketidakcocokan dengan salah satu kandungan pasta gigilah yang membuat jerawat muncul. Apalagi jika kulit wajah Anda termasuk tipe sensitif. Jadi, agar lebih aman hindari pasta gigi yang mengandung deterjen.

4. Makanan Pedas dan Berminyak

Terlalu sering mengonsumsi makanan pedas dan berminyak ternyata juga bisa membuat jerawat muncul di area sekitar bibir lho! Mitos mengenai mengonsumsi makanan pedas dan berminyak dapat menyebabkan jerawat memang tidak selalu benar. Namun hal tersebut masih mungkin terjadi terutama untuk Anda yang memiliki alergi pada makanan pedas dan berminyak.

BACA JUGA  Pendiri Active8me Jeremy Rolleston Memberi Solusi Kesehatan dan Kebugaran di Tengah Pandemi

Selain itu, perpaduan makanan pedas dan berminyak memiliki kandungan lemak tinggi. Ketika Anda terlalu sering mengkonsumsinya maka lemak akan menumpuk dan hal tersebut juga mengakibatkan munculnya jerawat di sekitar bibir.

5. Pertanda Sembelit

Belum banyak yang tahu bahwa salah satu penyebab timbulnya jerawat di sekitar bibir adalah karena seseorang sedang mengalami konstipasi atau sembelit. Jadi ketika Anda tidak rutin buang air besar atau kurang dari 3 kali dalam seminggu, sekaligus timbul jerawat di area bibir, ada yang salah dengan saluran pencernaanmu.

6. Produk Perawatan Bibir

Anda pun sebaiknya berhati-hati saat memilih produk perawatan bibir. Hindari produk yang mengandung zat pewangi atau memakai produk lipbalm hingga petroleum jelly secara berlebihan karena dapat menyumbat pori-pori kulit di sekitar bibir dan pada akhirnya menimbulkan jerawat.

7. Kebiasaan Menyentuh Mulut

Kebiasaan menyentuh mulut dengan tangan juga merupakan pemicu tumbuhnya jerawat di area bibir. Apalagi jika Anda menyentuh area wajah termasuk mulut tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Hal tersebut bisa memindahkan bakteri yang ada di tangan ke bibir.

Itulah beberapa faktor yang menyebabkan munculnya jerawat di area sekitar bibir atau mulut. Sebaiknya Anda mulai menerapkan pola hidup sehat dengan makan buah dan sayur serta mengurangi kebiasaan yang membuat jerawat mudah muncul.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaJejak Kekejaman Ali Kalora di Sulawesi Tengah
Artikel berikutnyaMengaku Bisa Luluskan Masuk Kedokteran, Ketua RT di Padang Ditangkap Polisi