NASIONAL

Jokowi Tegaskan Pemerintah Telah Siapkan Diri Hadapi Virus Corona

Pemerintah Indonesia ditegaskan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah siap menghadapi kasus positif corona (Covid-19) perdana di Indonesia. Jokowi mengatakan pemerintah sudah mempersiapkan kondisi ini sejak awal kasus corona merebak.

Disampaikan Jokowi, persiapan yang dilakukan pemerintah, antara lain menyediakan 100 rumah sakit yang dilengkapi ruang isolasi bagi pasien penyakit infeksi. “Dengan standar isolasi yang baik. Kita juga memiliki peralatan yang memadai sesuai dengan standar internasional. Kita juga memiliki persiapan untuk reagen. Yang cukup,” jelas Jokowi di Istana Merdeka, Senin (2/3/2020).

Pemerintah juga telah membentuk tim gabungan TNI-Polri serta sipil yang siap membantu penanganan di lapangan. Jokowi menegaskan bahwa pemerintah menjalankan prosedur penanganan sesuai dengan standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

“Kita juga memiliki anggaran. Anggarannya ada. Dan ini juga diprioritaskan untuk menangani ini. Karena kalau kita tidak serius menangani ini, dianggap tidak serius. Ini sangat berbahaya karena memang penyakit ini perlu kita waspadai dan perlu hati-hati,” ujar Jokowi.

Pemerintah Indonesia dikatakan Jokowi sudah menyusun rencana penanganan terhadap virus corona begitu wabah ini muncul pertama kali di Hubei, China. Pemerintah pun sudah melakukan koordinasi dengan perwakilan WHO di Jakarta.

Pemerintah secara bertahap juga melakukan evakuasi terhadap warga negara Indonesia (WNI) dari Hubei dan juga terhadap WNI yang bekerja di kapal pesir World Dream dan Diamond Princess.

“Ini menunjukkan keseriusan pemerintah dalam menangani persoalan-persoalan yang ada, yang berkaitan dengan virus corona. Kita juga menjaga 135 pintu masuk ke negara kita. Baik itu darat, baik itu laut, maupun udara. Semuanya dijaga ketat. Meskipun, dalam praktiknya ini tidak mudah,” tegas Jokowi.

Comments

comments

BACA JUGA:  Vaksin COVID-19 Belum Ditemukan, Masyarakat Agar Patuh dan Ikuti Aturan Pemerintah
loading...