Iklan
Iklan

Jonathan Kuo Gelar Konser Virtual “The Russian Connections” 10 April 2021.

- Advertisement -
Jonathan Kuo Kembali akan mengelar konser tunggalnya sebagai semangat berkaryanya di masa pandemi yang entah kapan akan berakhir.

Hal ini di buktikan Jonathan dengan tak menyurutkan semangat dalam berkarya di dunia musik tanah air dengan mengelar konser streaming “The Russian Connetions.

Jonathan Kuo melaksanakan konser streaming ini bersama Jakarta Sinfonietta di bawah pimpinan Iswargia R Sudarno pada 10 April pukul 19.30 WIB dan 11 April 2021 pukul 16.00 WIB.

Jonathan Kuo
Jonathan Kuo Bersama Iswargia Saat Konferensi Pers Virtual / Foto : Istimewa

Menurut Jonathan Kuo, Pianis klasik yang juga salah satu Young Steinway Artist dari Indonesia ini ada perbedaan antara konser dengan format online dengan tampil langsung dihadapan penikmat musik.

“Tentunya ada perbedaan antara pertunjukan online dan tampil di hadapan penikmat musik klasik. Biasanya bisa berinteraksi langsung dengan penonton dan sesama pemain,” kata Jonathan Kuo saat konferensi pers virtual, Selasa (23/3/21).

Bagi Jonathan Kuo, tampil dihadapan penikmat musik klasik sangat dirindukannya. Keterbatasan selama mematuhi protokol kesehatan, akhirnya Jo tetap berkarya dan berbagi keindahan musik klasik melalui live streaming.

Jonathan Kuo
Foto / Istimewa

Terhitung sudah empat kali, pria asal Bandung (Jawa Barat) ini menggelar resital online. Tiga diantaranya bersama Jakarta Conservatory of Music (JCoM) serta House of Piano (part of Steinway and Sons Indonesia).

Ada tiga karya yang akan dibawakan dalam konser The Russian Connections. Pertama, Konserto untuk piano dan orkestra dalam A Mayor, KV 488 – Wolfgang Amadeus Mozart (1756 – 1791). Kedua, Simfoni dalam C- Igor Stravinsky (1882 – 1971). Serta ketiga, Konserto untuk piano dan orkestra dalam C Minor, Op 18 – Sergei Rachmaninoff (1873 – 1943).

“Untuk karya Mozart dan Sergei Rachmaninoff akan dibawakan Jonathan dan orkes. Sedangkan untuk karya Igor Stravinsky akan dibawakan oleh orkes saja,” jelas Iswargia.

Rangkaian program ini menggambarkan secara singkat dan padat apa yang terjadi dalam permusikan di Rusia satu abad lalu. Sebagai alasan mengapa konserto piano karya Mozart dibawakan dalam program yang bertema musik Rusia.

jonathan Kuo
Jonathan Kuo – Iswargia / Foto : Istimewa

“Karya ini bahkan mendampingi Stalin di tempat tidurnya ketika sedang menjelang ajalnya. Ini menunjukan bahwa tradisi musik Eropa Barat sangat mempengaruhi perkembangan musik di Rusia,” jelas Iswargia

Karya lain yang dibawakan Jonathan Kuo bersama Jakarta Sinfonietta adalah salah satu konserto piano yang paling populer dan disukai oleh pencinta musik klasik di seluruh dunia, yaitu Konserto Piano No. 2 dalam C Minor karya Rachmaninoff.

“Karya ini dapat dikatakan sebagai karya Rachmaninoff yang paling berhasil dan paling diminati orang sepanjang masa. Ditulis setelah masalah depresi berat yang dialami Rachmaninoff atas kegagalannya dalam penulisan Simfoni No.1. Konserto piano ini didedikasikan untuk psikiaternya, Dr. Nicolai Dahl, yang berhasil menyembuhkan, bahkan akhirnya memberikan kesuksesan yang gemilang bagi Rachmaninoff,” tambahnya lagi.

Di antara kedua konserto piano tersebut Jakarta Sinfonietta akan memainkan Simfoni karya Stravinsky, seorang komponis Rusia yang walaupun hidup semasa dengan Rachmaninoff memiliki bahasa dan pemahaman musik yang saling bertolak belakang.

Iswargia pun menambahkan bahwa Konser adalah kegiatan kebudayaan yang harus selalu ada supaya cita rasa dan sensitivitas.

“Kita sebagai masyarakat selalu terjaga. Harapannya dengan menggelar konser online, bisa menjaga apresiasi masyarakat terhadap karya musik. Serta menjaga agar para musisi tidak kehilangan keterampilan, kreativitas dan mentalitas dalam bermusik. Karena konser sejatinya berbeda dengan latihan musik biasa,” pungkas Iswargia.

Bicara Target penonton, Jonathan tak pernah menghitung berapa banyak penonton yang akan melihat penampilannya di konser, yang terpenting ia bisa mengekspresikan semua di musik.

“Bagi saya saya untuk saya yang penting saya bisa diri sendiri melalui musik luar biasa nggak berharap kalau saya mau ada 5000 orang yang nonton atau berapa ribu orang ini ini adalah apa yang saya musik seperti yang saya piano ya saya saya sih aneh sih nggak ngelihat Berapa orang yang tahu saya Berapa orang yang tidak penting adalah yang terbaik dari tempat saya ke saya nggak ada target semua orang tuh butuh sesuatu agar-agar karena sesuatu terus kan jadi diri sendiri jangan sampai bingung juga nggak kalau kita harapkan pentingnya berapa gitu ya kenapa ya Mana Mana Amin kepuasan kan kita kan mau selesai sebagai kekuatan dari musik kan ya Dan Dan saya kalau kita Fokusnya ke berapa banyak penonton ya ya ya itu kata saya nggak ikhlas gitu Jadi saya saya saya mau menyalakan audio jadi boleh kalau mau dicat juga boleh ya saya juga mau nanya ke saya

Sebagai informasi tiket konser ‘The Russian Connections’ sudah bisa didapatkan melalui loket.com dimana bisa memilih kategori yang di sediakan, yaitu Kategori A (Rp.30.000), Kategori B (Rp.60.000) dan Kategori C (Rp. 100.000). (EH).

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA