Iklan
Iklan

Jurnalis Al Jazeera Givara Budeiri Dibebaskan Usai Ditangkap dan Diintimidasi Israel

- Advertisement -
Jurnalis Al Jazeera, Givara Budeiri diintimidasi dan menjadi korban tidakkan kekerasan selama ditangkap dan ditahan Israel saat meliput demonstrasi di lingkungan Sheikh Jarrah di Yerusalem Timur yang diduduki.

Givara Budeiri akhirnya dibebaskan dari tahanan beberapa jam setelah dia ditangkap.

Polisi Israel juga menyerang koresponden Yerusalem jaringan media yang berbasis di Doha saat menangkap Givara Budeiri, pada hari Sabtu dan menghancurkan peralatan milik juru kamera Al Jazeera Nabil Mazzawi.

Penangkapan Givara Budeiri menuai kecaman tajam dari para pendukung kebebasan pers dan pengawas media. “Mereka datang dari mana-mana, saya tidak tahu mengapa, mereka menendang saya ke dinding,” kata Budeiri kepada Al Jazeera, beberapa saat setelah pembebasannya pada Sabtu malam.

Givara Budeiri
Budeiri, seorang jurnalis veteran, mengenakan jaket antipeluru bertanda ‘pers’ ketika dia ditangkap dan memegang kartu Kantor Pers Pemerintah Israel [Screengrab/Al Jazeera]
“Mereka menendang saya di dalam mobil dengan cara yang sangat buruk … mereka menendang saya dari mana-mana,” ujarnya.

Budeiri telah bekerja sebagai jurnalis untuk Al Jazeera sejak tahun 2000. Dia mengenakan jaket antipeluru bertanda “pers” saat ditangkap dan memegang kartu Kantor Pers Pemerintah Israel (GPO).

Namun, Givara Budeiri mengakui bahwa dia “diperlakukan sebagai penjahat” saat dibawa ke kantor polisi dan dilarang melepas jaket antipelurunya yang berat atau menutup matanya. Dia ditangkap karena dituduh telah menendang seorang tentara wanita – tuduhan itupun dibantahnya dengan keras.

Givara Budeiri mengatakan dia dibebaskan dengan syarat dia tidak pergi ke Sheikh Jarrah selama 15 hari.

Dr Mostefa Souag, penjabat direktur jenderal Jaringan Media Al Jazeera, mengutuk keras penangkapan itu.

“Penargetan sistematis terhadap jurnalis kami merupakan pelanggaran total terhadap semua konvensi internasional. Tindakan kekerasan hari ini oleh pasukan pendudukan Israel terhadap Givara Budeiri dan Nabil Mazzawi sama sekali mengabaikan hak asasi manusia jurnalis,” ujarnya dalam sebuah pernyataan.

Givara Budeiri
Givara Budeiri saat dibebaskan

“Pembungkaman wartawan dengan meneror mereka telah menjadi kegiatan rutin bagi otoritas Israel seperti yang disaksikan dalam beberapa pekan terakhir di Gaza dan Yerusalem yang diduduki,” tambah Souag.

Pasukan Israel ‘melanggar’ hak jurnalis

Setidaknya 14 jurnalis Palestina telah ditahan dan ditempatkan dalam penahanan administratif oleh pasukan Israel dalam beberapa pekan terakhir, menurut Reporters Without Borders.

Penahanan administratif adalah prosedur hukum yang memungkinkan Israel untuk memenjarakan warga Palestina dari wilayah Palestina yang diduduki tanpa tuduhan atau pengadilan, untuk periode yang dapat diperpanjang hingga enam bulan.

Pihak berwenang Israel telah menggunakan prosedur ini, di mana penangkapan dilakukan berdasarkan “bukti rahasia”, selama beberapa dekade. Tahanan biasanya tidak menyadari tuduhan terhadap mereka dan tidak diizinkan untuk membela diri di pengadilan.

Dua jurnalis Palestina – Zeina Halawani dan Wahbe Mikkieh – diserang dan ditahan oleh pasukan Israel di Sheikh Jarrah pekan lalu.

Pasangan itu ditahan selama lima hari sebelum mereka dibebaskan dengan jaminan, dan kemudian ditempatkan di bawah tahanan rumah selama satu bulan.

Beberapa jurnalis Palestina dengan kartu media telah dilarang memasuki Sheikh Jarrah oleh polisi Israel, yang mengklaim bahwa mereka memerlukan kartu GPO.

Israel berada di peringkat 86 dari 180 negara dalam Indeks Kebebasan Pers Dunia RSF untuk tahun 2021.

“Pasukan Pertahanan Israel sering melanggar hak jurnalis Palestina, terutama ketika mereka meliput demonstrasi … di Tepi Barat atau Jalur Gaza,” kata RSF.

Dalam sebuah laporan (PDF) yang diterbitkan tahun lalu, Pusat Hak Asasi Manusia Palestina mendokumentasikan 98 serangan oleh pasukan Israel terhadap wartawan di wilayah Palestina yang diduduki.

Sedikitnya 40 orang terluka dengan peluru yang berbeda, termasuk dua orang yang “kehilangan penglihatan di salah satu mata mereka,” tulis laporan itu.

Setidaknya 14 diserang dengan “bukti perlakuan kejam, tidak manusiawi dan merendahkan,” sementara 26 lainnya ditangkap, tambahnya.

SUMBER: AL JAZEERA

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA