HUKUM

Kadisbudpar Kota Batam Akan Cabut Izin Gelper Yang Menyalahi Aturan

Batam – Menanggapi banyaknya arena gelanggang permainan (Gelper) di Kota Batam yang menyalahi perizinan. Pemerintah Kota Batam akan memberikan tindakkan tegas sangsi bisa berupa pencabutan izin operasional.

Dalam hal ini Kepala Dinas Pariwisata Kota Batam Ardiwinata mengatakan, pemerintah melalui Dinas Pariwisata Kota Batam saat ini telah membentuk satu tim khusus yang didalamnya terdiri dari berbagai instansi di Batam. Yakni, Dinas Pariwisata Kota Batam, Dinas Kesehatan Kota Batam, Satpol PP, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Batam serta intansi lainnya.

“Tim ini dibentuk gunanya untuk memberikan pengawasan dan pembinaan kepada objek wisata yang ada di Kota Batam,” ujar Ardi saat kegiatan Musrenbang Kecamatan Bengkong di Restoran Golden Prawn, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (05/03/2020).

Selain itu, Ardi juga mengatakan, pertama-tama tim akan mendata ulang kembali seluruh objek wisata baik hiburan maupun arena gelanggang permainan yang ada di Kota Batam. Kemudian tim tersebut akan melakukan pengawasan dan pembinaan secara langsung ke objek-objek wisata yang dimaksud.

“Jika nanti ada objek wisata yang tidak sesuai dengan TDUP (Tanda Daftar Usaha Pariwisata), maka kita akan cabut izinnya. Begitu pula dengan gelanggang permainan yang kedapatan melakukan aktifitas perjudian, maka tim khusus tersebut tidak akan segan-segan menutup tempat usahanya,” tegas Ardi.

Sekedar diketahui, gelanggang permainan Disney World yang berlokasi dilantai tiga Mall Botania 2 Batam Center ini, ramai dikunjungi para pemain yang sebagian besarnya para emak-emak dengan mengenakan busana Syar’i. Mirisnya lagi, emak-emak tersebut bermain sambil membawa anaknya yang masih dibawah umur.

Jika aktifitas seperti ini dibiarkan berlanjut-lanjut, dikhawatirkan akan merusak moral si anak dimasa depannya. Bahkan tidak sedikit keluarga yang kecanduan bermain gelper, rumah tangganya hancur berantakan.

Maka dari itu, untuk mengantisipasinya perlu diambil tindakkan yang tegas oleh pemerintah. Agar generasi penerus bangsa bisa terselamatkan dari dampak buruk perjudian.

loading...