Iklan
Iklan

Kamala Harris Gelorakan Kebencian Amerika Terhadap China

- Advertisement -
Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris kini tengah mendesak Vietnam untuk segera meningkatkan tekanan ke China.

Menurut Kamala Harris, salah satu alasan mengapa Hanoi perlu melakukan hal itu adalah karena adanya sengketa maritim Laut China Selatan (LCS).

“Kita perlu menemukan cara untuk menekan dan meningkatkan tekanan pada Beijing agar mematuhi Konvensi PBB untuk Hukum Laut (UNCLOS), serta menentang intimidasi dan klaim maritim yang berlebihan,” ujar Kamala Harris saat bertemu Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc di Hanoi pada Rabu (25/8/2021), dikutip laman RT.

Harris juga mengatakan negaranya siap memberikan mantan kapal US Coast Guard ketiga untuk Vietnam. Hal itu agar mereka dapat mempertahankan kepentingannya di LCS. Sebelum menyambangi Vietnam, Harris terlebih dulu berkunjung ke Singapura.

Saat berada di Singapura, Harris secara gamblang menuding China melakukan intimidasi untuk melanggengkan klaimnya atas LCS.

“Kami tahu bahwa Beijing terus memaksa, mengintimidasi, dan mengklaim sebagian besar LCS,” ujar Harris dalam pidatonya pada Selasa (24/8/2021).

Dia menegaskan klaim Cina atas LCS telah ditolak pengadilan arbitrase pada 2016. “Tindakan Beijing terus merusak tatanan berbasis aturan serta mengancam kedaulatan negara-negara,” ujar Harris.

Harris mengungkapkan, kemitraan AS dengan Singapura dan negara lain di Asia Tenggara serta Indo-Pasifik sangat penting. Menurutnya kawasan itu sangat vital bagi keamanan dan kemakmuran para pihak.

Sementara itu, pemerintah Vietnam mengaku bersikap netral dan tidak memihak antara AS dan China.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA