Home INTERNASIONAL Kapal Angkatan Laut Besar Iran Tenggelam Setelah Terbakar

Kapal Angkatan Laut Besar Iran Tenggelam Setelah Terbakar

Kapal
Salah satu kapal angkatan laut terbesar Iran telah tenggelam setelah terbakar dalam keadaan yang tidak jelas di dekat Selat Hormuz.

Kharg, dinamai berdasarkan sebuah pulau di dekatnya yang berfungsi sebagai terminal minyak utama, terbakar pada Rabu dini hari waktu setempat dan lebih dari 20 jam operasi penyelamatan gagal menyelamatkannya, kata tentara.

Sebuah gambar yang diambil pada larut malam menunjukkan kru dengan jaket pelampung melarikan diri dengan api berkobar di belakang mereka. Gambar lain, diambil pada siang hari, menunjukkan asap tebal mengepul ke langit dan api masih menyala.

Tentara Iran juga mengidentifikasi Kharg sebagai “kapal pelatihan” dan mengkonfirmasi ada hampir 400 awak dan peserta pelatihan, sebelum menambahkan semuanya dievakuasi dengan aman.

Seorang pejabat militer setempat mengatakan kepada kantor berita semi-resmi Tasnim bahwa 20 orang menderita luka bakar ringan.

Tidak ada alasan yang diberikan untuk penyebab kebakaran tetapi seorang pejabat militer mengatakan kepada IRNA Iran bahwa api dimulai di ruang mesin dan bagian-bagian tubuh kapal meleleh dan jatuh ke laut.

Kapal itu tenggelam di dekat pelabuhan Jask di selatan negara itu, sekitar 1.270 km (790 mil) tenggara ibukota Teheran dan dekat Selat Hormuz, jalur air yang strategis.

Kapal itu dibangun di Inggris dan diluncurkan tak lama sebelum Revolusi Iran 1979 dan memasuki angkatan laut Iran pada 1984 setelah beberapa tahun negosiasi.

Pejabat militer itu mengatakan kepada Tasnim bahwa banyak peralatannya telah dirombak oleh para insinyur Iran dalam beberapa tahun terakhir.

Itu mampu memberikan pengisian di laut untuk membantu kapal lain, bisa mengangkat kargo berat dan juga memiliki landasan peluncuran dan pendaratan untuk helikopter.

Tenggelamnya Kharg menandai insiden angkatan laut besar terbaru bagi Iran dalam beberapa tahun terakhir.

Tahun lalu, sebuah rudal ditembakkan secara keliru selama latihan militer di laut, menewaskan 19 pelaut dan melukai 15 lainnya.

Sebuah kapal perusak angkatan laut Iran juga tenggelam di Laut Kaspia pada 2018.

Source: AP

Exit mobile version