Kawasan Hutan Jati di Bondowoso Utara Terbakar

Kawasan Hutan Jati
Ilustrasi
Musibah kebakaran terjadi di Bondowoso Utara, Sekitar tiga hektar kawasan hutan jati di petak 55  KRPH Wringinanom, BKPH Klabang, KPH Bondowoso Utara terbakar pada Minggu (7/8) dini hari.

Diduga kuat, hutan jati yang terbakar di Desa Bugeman, Kecamatan Kendit, Situbondo itu, dibakar oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Berdasarkan informasi, karena  saat kejadian angin bertiup sangat kencang. Sehingga kobaran api cepat meluas di petak 55 KRPH Wringinanon, BKPH Klabang, KPH Bondowoso Utara.

Bahkan, hanya dalam hitungan menit, kobaran api terus membakar daun kering dan ranting kering di kawasan hutan jati tersebut.

Kawasan hutan yang terbakar itu, lokasinya merupakan perbukitan yang terjal. Sehingga petugas gabungan antar KRPH Wringinanom, dan petugas Pusdalop BPBD Situbondo, mereka hanya memantau  peristiwa kebakaran kebakaran hutan jati tersebut.

Untuk mengantisipasi merembetnya kobaran api petak lain. Petugas perhutani KRPH Wringinanom, langsung memberi pembatas di sekitar kawasan hutan jati tersebut.

Kepala BPBD Kabupaten Situbondo, Zainul Arifin membenarkan terjadinya kebakaran kawasan hutan  jadi, dengan luas sekitar tiga hektar tersebut. Namun, karena lokasi hutan yang terbakar di perbukitan yang terjal, petugas hanya memamantau saja.

“Sehingga petugas gabungan hanya memantau terbakarnya hutan jati tersebut. Sebagian petugas KRPH Wringinanom memberi pembatas di sekitar hutan, agar kobaran api tak merembet ke petak lain,” jelas Zainul Arifin.

Menurut dia, penyebab kawasan hujan jati yang terbakar itu, masih dalam tahap  penyelidikan petugas. Apakah ada yang sengaja membakar atau tidak. (Kay)

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments