Beranda INFO SEHAT TIPS BADAN SEHAT Kebiasaan Buruk Penyebab Gigi Patah, Yuk Hindari!

Kebiasaan Buruk Penyebab Gigi Patah, Yuk Hindari!

Gigi patah menjadi kerumitan tersendiri bagi yang mengalaminya. Gigi patah berisiko terinfeksi karena bagian dalam gigi tak terlindungi secara sempurna, karena itu penderitanya mudah terkena nyeri atau ngilu.

Makanan keras memang terlihat menggiurkan. Suara krenyes dari gigitan membuat kita ketagihan. Tapi sadarkah kamu bahwa gigi bisa patah karena hal itu?

Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang bisa mengalami gigi patah sebagian atau seluruhnya hingga terkesan ompong. Dari Honestdocs, berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan gigi patah.

gigi

  1. Cedera atau kecelakaan

Penyebab yang satu ini pasti tidak asing lagi. Cedera atau kecelakaan besar akan memberikan tekanan keras pada tulang. Misal, kamu terkena lemparan bola atau terjatuh dan wajah menyentuh sesuatu dengan keras.

 

Cedera yang berulang juga lambat laun akan meretakkan gigi. Jika kamu seorang petinju yang jarang menggunakan pelindung gigi, ini bisa jadi menyebabkan gigimu patah.

broke teeths1

  1. Mengunyah benda/makanan keras

Mengunyah makanan keras, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, memang sulit dihindarkan. Untuk itu, cobalah mengulum makanan terlebih dahulu sampai agak lunak.

Selain karena trauma, menggigit sesuatu yang dan mengunyah makanan terlalu kencang juga berisiko membuat gigi patah. Gigi beresiko patah semakin tinggi apabila gigi sudah lebih dulu bermasalah, seperti gigi berlubang (karies) dan pernah ditambal.

gigi patah

Selain itu, pengalaman menjalani perawatan saluran akar gigi (root canal treatment) hingga terkikis karena punya kebiasaan mengencangkan rahang atau menggemeretakkan gigi (bruxism).

Gigi yang sudah lemah atau tidak utuh tersebut berisiko mudah patah, dikarenakan gigi dipaksa menahan beban lebih besar dari kemampuannya. Tekanan besar itu akhirnya dapat membuat retakan pada permukaan gigi dan bisa jadi membuatnya patah.