Beranda INTERNASIONAL Kecelakaan Pesawat Militer Ukraina Bunuh 22 Orang

Kecelakaan Pesawat Militer Ukraina Bunuh 22 Orang

ukraina
Setidaknya 22 orang, kebanyakan dari mereka adalah taruna udara, tewas dalam kecelakaan pesawat militer di Ukraina, kata para pejabat.

Pesawat itu, sebuah Antonov-26, jatuh di dekat kota Kharkiv saat mendarat.

Pesawat itu membawa kadet dari Kharkiv Air Force University dan sedang dalam penerbangan pelatihan. Pejabat kementerian darurat mengatakan 27 orang ada di dalamnya.

Dua orang terluka parah, dan operasi pencarian berlanjut hingga malam hari untuk tiga orang hilang.

Penyebab kecelakaan itu sedang diselidiki.

Pesawat itu jatuh sekitar 2 km dari bandara militer di kota Chuhuiv, kata pejabat kementerian darurat.

Tidak ada indikasi bahwa kecelakaan itu terkait dengan konflik di timur Ukraina. Chuhuiv berada sekitar 100 km dari garis depan tempat pasukan pemerintah memerangi separatis pro-Rusia.

Kebakaran terjadi di lokasi dan kemudian dipadamkan.

“Ini mengejutkan,” kata Wakil Menteri Dalam Negeri Anton Gerashchenko kepada kantor berita AFP. “Saat ini tidak mungkin untuk menentukan penyebabnya.”

Investigasi sedang dilakukan. Presiden Volodymyr Zelensky dijadwalkan melakukan perjalanan ke wilayah itu pada hari Sabtu.

Gubernur daerah Kharkiv Oleksiy Kucher mengatakan informasi awal menunjukkan bahwa salah satu pilot telah melaporkan kerusakan pada satu mesin sebelum kecelakaan, tetapi ini seharusnya tidak menjadi situasi kritis, menurut kantor berita Ukraina Interfax.

Seorang saksi mata mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa dia telah melihat seorang pria terbakar di reruntuhan.

“Mobil lain berhenti di belakang kami. Kami mengambil pemadam kebakaran dan berlari dengan sopir lain untuk membantunya,” katanya.

BACA JUGA:  NASA: Bulan Mengandung Air, Dapat Tunjang Kehidupan
loading...