Home INFO SEHAT Kembali ke Kantor Setelah Pandemi? Ikuti Langkah-langkah Berikut Ini untuk Menjaga Kesehatan!

Kembali ke Kantor Setelah Pandemi? Ikuti Langkah-langkah Berikut Ini untuk Menjaga Kesehatan!

kantor pandemi
Sumber: Maxime – canva.com
Pandemi Covid-19 adalah waktu yang paling tak terduga bagi semua orang. Aktivitas sehari-hari yang biasanya dilakukan dengan nyaman, harus dibatasi dengan penggunaan masker dan jaga jarak. Adanya virus asing yang muncul secara tiba-tiba juga membuat masyarakat menjadi lebih waspada terhadap kesehatan. Selain itu, berbagai hal juga diupayakan untuk mencegah penularan virus, seperti mencuci tangan, tidak ke luar rumah, dan lain-lain.

Setelah melewati banyak fase pandemi Covid-19, masyarakat bisa bernafas lega dengan menurunnya kasus terjangkit virus dan melonggarnya aturan ketat dari pemerintah. Juga, tersedianya 3 tahap vaksin Covid-19 membuat rasa aman akan proteksi terhadap imun seseorang. Kegiatan sehari-hari juga sudah mulai tampak normal dan perlahan kembali seperti semula, mulai dari dibukanya kembali sekolah, kantor, tempat berjualan, dan masih banyak lagi.

Meskipun begitu, kita tetap harus menjaga kesehatan untuk mencegah tubuh drop karena mulai menjalani aktivitas normal kembali. Mulai kembali mengerjakan banyak pekerjaan di kantor adalah salah satu kegiatan yang melelahkan, jika tidak menjaga kesehatan, tubuh akan mudah terserang penyakit. Bagaimana cara untuk menjaga kesehatan setelah kembali ke kantor setelah pandemi? Berikut langkah-langkahnya.

1. Vaksin Lengkap

Banyak orang berpikir untuk mendapatkan vaksin 1 dan 2 saja. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk mendapatkan vaksin booster (vaksin ketiga) untuk mendapatkan perlindungan ekstra dari pandemi Covid-19. Selain itu, adanya kemungkinan menurunnya antibodi sejak vaksin pertama dan kedua dilakukan sehingga vaksin booster harus dilakukan, terlebih munculnya varian baru virus Covid-19.

Untuk itu, tidak ada salahnya melakukan vaksinasi lengkap saat kembali ke kantor guna melindungi diri sendiri dan orang lain. Anda dapat melakukan vaksin dengan mendaftarkan diri ke rumah sakit atau tempat-tempat yang menyediakan layanan vaksin seperti stasiun kereta atau puskesmas. Vaksinasi ini juga tidak dipungut biaya apa pun alias gratis. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, daftar vaksin sekarang!

2. Tetap Melakukan Protokol Kesehatan

Meskipun pemerintah sudah melonggarkan aturan ketat dalam pencegahan virus Covid-19, tidak ada salahnya untuk tetap melakukan protokol kesehatan. Terlebih, jika Anda selalu berada di dalam ruangan dan berinteraksi dengan banyak orang di sana. Selain Covid-19, Anda mungkin dapat terpapar penyakit lain seperti flu atau batuk jika berinteraksi terlalu dekat dengan orang lain yang sedang sakit.

Sebagai upaya untuk menjaga kesehatan, Anda dapat melakukan proteksi diri dengan memakai masker, tidak makan atau minum dari wadah yang sama, membawa hand sanitizer, dan berbagai perlindungan lainnya. Jangan lupa untuk selalu sediakan masker cadangan di dalam tas untuk menggantinya saat masker sebelumnya sudah kotor atau putus. Selain itu, jagalah kebersihan tangan Anda dengan mencuci tangan secara teratur setiap kali menyentuh atau melakukan sesuatu.

3. Pastikan Diri Sehat

kantor pandemi
Sumber: Maxime – canva.com

Memaksakan diri saat sedang sakit untuk masuk ke kantor karena banyak pekerjaan yang menumpuk tidaklah patut dilakukan. Selain memaksakan tubuh untuk bekerja, Anda dapat menularkan penyakit kepada orang lain. Saat imun tubuh sedang turun, sebaiknya Anda tidur dan beristirahat di rumah dibandingkan pergi ke kantor.

Selain itu, jika Anda demam kemungkinan besar Anda tidak bisa memasuki kantor, hal ini disebabkan oleh terpasangnya alat pengukur suhu tubuh atau termometer pada tiap-tiap gedung. Bekerja saat sakit juga hanya akan membuat tidak fokus dalam berkegiatan. Jadi, pastikan diri Anda tetap sehat sebelum datang ke kantor.

4. Menjaga Asupan Makanan

Menjaga kesehatan tubuh bukan hanya dengan mematuhi protokol kesehatan saja, Anda juga harus menjaga asupan makan dengan baik melalui makanan yang bergizi. Mengonsumsi junk food, gorengan, atau terlalu sering memakan makanan tidak sehat lainnya akan membuat Anda jadi lebih mudah sakit. Dengan menjaga asupan makanan, tubuh Anda akan menjadi lebih kuat dan terlindungi dari penyakit.

Anda dapat mengurangi makan makanan berminyak seperti gorengan dengan menggantinya dengan makanan berserat dan memiliki vitamin dan nutrisi yang tinggi. Selain itu, perbanyaklah memakan buah yang mengandung vitamin C untuk menambah kekebalan tubuh dan imun. Kurangi juga makan dan minum yang memiliki terlalu banyak gula untuk menjaga kesehatan hati dan jantung.

5. Istirahat yang Cukup

Terlalu fokus saat bekerja terkadang membuat kita lupa waktu. Beban pekerjaan yang menumpuk seolah memaksa untuk diselesaikan saat itu juga. Hal ini tentu membuat tubuh lelah dan tertekan sehingga dapat menyebabkan menegangnya otot dan membuat tubuh tidak nyaman. Jika hal ini terjadi terus menerus, ada banyak risiko terjangkit penyakit pada tubuh Anda.

Untuk meminimalkan hal tersebut, istirahat yang cukup menjadi solusinya. Jangan memaksakan tubuh tetap terjaga hingga larut malam hanya untuk menyelesaikan pekerjaan sehingga Anda tidak cukup tidur. Hentikan kegiatan begadang dan tidur cukup selama 7 sampai 9 jam. Mulailah untuk menyayangi tubuh Anda dengan istirahat yang cukup.

Kembali ke kantor setelah pandemi adalah sebuah tantangan bagi beberapa orang. Hal ini secara tidak langsung membuat orang-orang berpikir bagaimana cara untuk tetap sehat saat aktivitas kembali normal seperti masa sebelum pandemi. Untuk itu, artikel ini merangkum langkah-langkah agar Anda dapat menjaga kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!

Iklan 7
Iklan 7
Exit mobile version