Iklan
Iklan

Khasiat Kunyit untuk Jerawat dan Cara Menggunakannya

- Advertisement -
Khasiat kunyit untuk jerawat patut untuk dicoba. Namun, penggunaan kunyit untuk mengatasi jerawat perlu dilakukan secara hati-hati, agar Anda terhindar dari reaksi alergi maupun iritasi.

Khasiat Kunyit, selain dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk memutihkan kulit secara alami, kunyit dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk mengatasi jerawat, karena ada beberapa kandungan dalam rempah ini yang terbukti efektif dalam memerangi jerawat.

Cara mendapatkan khasiat kunyit untuk jerawat juga tidak sulit. Anda dapat menggunakan produk kencantikan yang mengandung kunyit atau meraciknya sendiri di rumah.

Inilah Khasiat Kunyit untuk Jerawat

Kunyit dapat membantu mengatasi jerawat karena beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan kurkumin dalam kunyit mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Bahkan, efektivitasnya dalam memerangi bakteri penyebab jerawat diklaim lebih baik daripada obat jerawat yang mengandung asam azelaic.

Dalam kunyit juga terkandung zat antiinflamasi yang bisa membantu mengurangi peradangan pada jerawat, sehingga penggunaannya diyakini dapat membuat jerawat lebih cepat untuk sembuh.

Tak hanya itu saja, noda bekas jerawat yang mengganggu penampilan juga bisa ikut teratasi. Pasalnya, kunyit mampu membantu memudarkan noda bekas jerawat, meskipun hal ini masih perlu untuk diteliti lebih lanjut.

Cara Memanfaatkan Kunyit untuk Jerawat

Untuk mendapatkan khasiat kuyit untuk jerawat, cara termudahnya adalah dengan memasukkan bumbu dapur ini ke dalam makanan atau minuman yang akan Anda konsumsi. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan produk kecantikan yang mengandung kunyit.

Apabila masih merasa kurang afdal karena tidak mengoleskan kunyit langsung ke wajah, Anda bisa membuat masker kunyit sendiri di rumah.

Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu mencampurkan bubuk kunyit, madu, dan air hangat secukupnya ke dalam mangkuk. Kemudian, aduk hingga ketiganya tercampur rata dan membentuk pasta.

Setelah itu, oleskan ke kulit yang berjerawat dan diamkan hingga 10 menit. Bilas dengan air hangat, keringkan, dan lanjutkan dengan perawatan kulit lainnya, seperti menggunakan toner, serum, pelembap, atau tabir surya.

Pahami Efek Samping Penggunaan Kunyit untuk Jerawat

Meski penggunaan kunyit untuk mengatasi jerawat diklaim aman, Anda tetap harus hati-hati dalam menggunakannya. Pasalnya, bumbu dapur ini juga dapat memicu reaksi alergi saat dioleskan ke kulit.

Oleh karena itu, sebelum mengoleskan masker kunyit ke kulit wajah, Anda disarankan untuk melakukan uji tempel terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mengoleskan masker kunyit ke siku bagian dalam, lalu diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas.

Lihat reaksi yang muncul. Jika muncul iritasi, ruam, atau kemerahan di kulit dalam waktu 24 jam setelah diolesi kunyit, sebaiknya jangan gunakan masker kunyit ke kulit wajah, karena ada kemungkinan Anda alergi terhadap kunyit.

Itulah khasiat kunyit untuk jerawat beserta cara penggunaannya. Jika Anda sudah menggunakan kunyit sebagai obat jerawat tapi jerawat tak kunjung membaik atau malah semakin meradang, sebaiknya konsultasikan ke dokter kulit.

Dokter kulit akan memberikan pengobatan yang sesuai dengan keluhan dan kondisi kulit Anda.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA