Kirim 10 Ton Beras Untuk Korban Banjir, Bupati: Segerakan Upaya Normalisasi Sungai Tapan

korban banjir
Bupati Rusma Yul Anwar memerintahkan Dinas Pangan mengirim beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) untuk korban banjir di Kecamatan Ranah Ampel Hulu Tapan, Pesisir Selatan, Sumbar.

Selain itu, pemerintah juga daerah terus mengupayakan percepatan normalisasi Batang Tapan, sehingga persoalan banjir dapat diatasi. Dari koordinasi dengan Pemprov dan pemerintah pusat, kegiatan bakal dilakukan secepatnya.

“Untuk membantu korban banjir, kami telah kirim 10 ton beras. Jangan sampai terjadi kekurangan pangan di sana. Saya sudah perintahkan kepala dinas,” ungkap Bupati pada Wartawan Indeksnews di Painan, Rabu 12 Mei 2021.

Banjir kembali terjadi di Kecamatan Ranah Ampel Hulu Tapan. Sungai Batang Tapan tak mampu menampung luapan air akibat tingginya curah hujan yang terjadi sejak Minggu, 10 Mei 2021.

Kondisi terparah terdapat di Nagari Limau Purut dan Talang Balarik, Binjai dan Nagari Kampung Tangah. Banjir mengakibatkan 1.024 buah terendam. 2 rumah rusak berat, 3 hanyut dan 11 buah fasilitas umum rusak.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pangan, Alfis Basir menyampaikan pihaknya sudah menyediakan 10.2 ton beras untuk 1024 Kepala Keluarga (KK) korban banjir di Kecamatan Rahul Tapan.

Dikatakan, tahap pertama hari ini pihaknya bekerja sama dengan Dinas Sosial PP & PA sudah mengirimkan enam ton beras, sisa akan dilanjut besok harinya.

” Pengiriman beras tersebut, bekerja sama dengan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak,” katanya.

Ditambahkan, dengan adanya pengiriman beras ini diharapkan dapat meringankan beban korban, setidaknya guna memenuhi kebutuhan selama banjir. “Semoga dapat meringankan korban banjir,” tutupnya. (Kay)

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments