Beranda INTERNASIONAL Kongo: Ebola Telah Hilang dari Sebagian Wilayah

Kongo: Ebola Telah Hilang dari Sebagian Wilayah

kongo ebola
Wabah Ebola terbesar kedua yang pernah tercatat tercatat telah selesai setelah hampir dua tahun dan lebih dari 2.200 kematian, menurut menteri kesehatan Kongo pada hari Kamis, bahkan ketika penyebaran terpisah dari virus berlanjut di tempat lain di negara itu.

Meskipun secara efektif menggunakan dua vaksin yang berbeda, respons kesehatan terhadap Ebola terhambat oleh kecurigaan masyarakat dan hadirnya kelompok pemberontak yang beroperasi di dekat perbatasan Uganda.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada awalnya akan mengumumkan akhir Ebola pada bulan April tetapi kasus lain muncul hanya tiga hari sebelum deklarasi bebas dari wabah itu diharapkan.

Dalam sebuah tweet yang mengumumkan berita tersebut, WHO memberi selamat kepada petugas kesehatan yang terlibat dalam pekerjaan yang sulit dan berbahaya untuk mengakhiri wabah.

BACA JUGA:  Elon Musk akan Buat Hukum Sendiri di Mars

Pihak berwenang sekarang berupaya untuk menutup kasus baru yang bangkit, yang dinyatakan pada 1 Juni di kota barat Mbandaka, lebih dari 1.000 km dari wabah yang baru saja berakhir.

“Kementerian kesehatan bermaksud memanfaatkan pelajaran yang diperoleh dan faktor-faktor keberhasilan dari epidemi panjang ini untuk memastikan respons paling efektif yang mungkin terjadi di Mbandaka,” Eteni Longondo, menteri kesehatan DRC.

Ada 3.463 kasus yang dikonfirmasi dan kemungkinan kasus yang tercatat selama perjangkitan di Kongo timur, termasuk 2.277 kematian, kata Longondo.

BACA JUGA:  Vietnam Evakuasi 1,3 Juta Warga Akibat Topan Molave
loading...