NASIONAL

Konser Amal Virtual MPR, BPIP, dan BNPB Diisukan Telan Biaya Rp 6,7 Miliar

Konser Amal Virtual
Konser amal virtual yang diselenggarakan atas Kerjasama MPR, BPIP, dan BNPB menyisakan berbagai masalah dan beredarnya beberapa isu liar di media sosial, termasuk isu bahwa konser amal virtual ini menelan biaya hingga Rp 6,7 miliar.

Namun, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dengan tegas membantah bahwa kabar konser amal virtual bertajuk “Berbagi Kasih Bersama Bimbo”, menelan biaya Rp6,7 miliar seperti yang beredar di media sosial.

“Beredar kabar katanya konser amal virtual tersebut menelan biaya Rp6,7 miliar, padahal faktanya tidak sampai Rp500 juta,” ujarnya di saat konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (22/5/2020).

Ia bahkan mengatakan konser amal virtual tersebut didukung para seniman dan artis pendukung yang bekerja tanpa pamrih.

Menurut dia, dana penyelenggaraan konser amal tersebut dikumpulkan secara gotong royong dari para seniman dan pendukung acara.

“Biaya ditutup secara gotong royong baik dari para seniman maupun dari kami tanpa mengganggu dana donasi yang nanti akan terkumpul dan tidak ada dana sepeserpun APBN yang dipakai pada acara tersebut,” ujarnya.

Namun, Bamsoet mengaku tak enak hati kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas hal tersebut. Bamsoet mengatakan perbincangan menjadi ramai usai pelaksanaan konser. Bahkan dia menilai isu-isu terkait konser itu justru menjadi isu liar.

“Karena hari-hari ini pascakonser sungguh luar biasa ramainya, baik di dunia maya maupun di dunia nyata, sampai-sampai isu yang berkembang ini tampak liar,” kata Bamsoet dalam konferensi pers yang disiarkan YouTube BNPB, Jumat (22/5/2020).

Lebih lanjut, ia membantah bahwa konser yang digelar atas kerja sama MPR, BPIP, dan BNPB itu dihadiri Presiden Jokowi secara fisik. Menurut dia, konser tersebut berlangsung secara virtual di rumah masing-masing pendukung.

BACA JUGA:  Sri Mulyani: Pilih Ekonomi atau Kesehatan?

“Kami patut memberikan penghargaan sekaligus berharap agar amanat Presiden Jokowi dan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri yang disampaikan secara virtual di awal acara tersebut dan doa Wakil Presiden Maruf Amin dapat terwujud,” jelasnya.

Selain itu, ia juga memberikan apresiasi kepada Kepada Kepala BNPB, Kepala BPIP, Panglima TNI dan Kapolri serta Jaksa Agung serta para pimpinan lembaga tinggi negara lainnya yang tampil secara virtual seperti Para pimpinan MPR, Ketua DPR, Ketua DPD, Ketua MA, MK, KY dan Ketua BPK, Menteri BUMN, Menteri Kominfo, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang berpartisipasi dalam acara konser amal tersebut.

Comments

comments

loading...