Beranda PERISTIWA Kota Padang Dikepung Banjir, Akses Jalan Padang Solok Terputus

Kota Padang Dikepung Banjir, Akses Jalan Padang Solok Terputus

Hujan yang melanda Kota Padang hampir setengah hari menyebabkan beberapa wilayah terkena dampak banjir. Yang terparah adalah di kelurahan Baringin, Kecamatan Lubuk Kilangan, sebuah jembatan yang baru saja dibangun dihantam kuatnya arus sungai.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatra Barat telah menyiagakan tim untuk turun ke lapangan, Jumat (2/11/2018) guna mengantisipasi terjadinya dampak yang luar biasa terkait banjir tersebut.

Kota Padang Dikepung Banjir, Akses Jalan Padang Solok Terputus 1

Warga melaporkan, banjir mulai terjadi di sejumlah wilayah seperti Bungus, Lubuk Pitameh, dan Simpang Gaduik. Pohon tumbang dan lonsor di Lubuk Peraku juga memutus akses jalan Padang-Solok. Debit Air di Banda Bakali Kota Padang juga terus meningkat, bahkan ketinggian air sungai sudah menyamai rel kereta api yang melintas di atasnya.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Rumainur, juga menyebutkan hingga saat ini, pihaknya terus melakukan pemantauan untuk menyalurkan bantuan bila diperlukan. “Sampai saat ini laporan yang masuk ke kami, volume air di Kawasan Baringin meningkat. Bahkan sudah merendam satu unit jembatan. Untuk kawasan lain, kita masih menunggu laporan. Sampai kini, belum ada laporan korban jiwa,” ujar Rumainur, Jumat (2/11/2018).

Kota Padang Dikepung Banjir, Akses Jalan Padang Solok Terputus 2
Pohon tumbang dan lonsor di kawasan Lubuk Paraku Kota Padang

Sementara, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Minangkabau menyebutkan hujan deras sore ini terjadi nyari merata di Sumatra Barat. Wilayah yang terpantau mengalami hujan dengan intensitas tinggi adalah Pasaman Barat, Agam, Padang Pariaman, Pariaman, Padang, Solok, Kabupaten Solok, dan Pesisir Selatan. Kondisi ini bisa meluas ke wilayah lain, seperti Padang Panjang, Tanah Datar, dan Kepulauan Mentawai.

BACA JUGA:  Provokator Demo Rusuh Tolak UU Cipta Kerja di Batubara Ditangkap
loading...