Beranda LINGKUNGAN HIDUP Tahun Ini, KTT Bumi Bahas Upaya Melindungi Keanekaragaman Hayati

Tahun Ini, KTT Bumi Bahas Upaya Melindungi Keanekaragaman Hayati

Sekitar 30 pemimpin dunia, pejabat-pejabat pemerintah, dan kepala organisasi internasional menghadiri konferensi KTT Bumi, Senin (11/1). Acara ini diselenggarakan oleh Perancis bersama PBB dan Bank Dunia.

Mereka di antaranya Kanselir Jerman Angela Merkel, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Sekjen PBB Antonio Guterres, Presiden Perancis Emmanuel Macron, dan Wakil Perdanan Menteri China Han Zheng.

pembalakan hutan2

KTT itu memusatkan perhatian pada empat topik utama: melindungi ekosistem darat dan laut, mendorong agro-ekologi atau cara-cara yang lebih berkelanjutan untuk menanam pangan, mengidentifikasi kaitan antara deforestasi dengan kesehatan manusia dan hewan, dan meningkatkan anggaran untuk melindungi keanekaragaman hayati.

Presiden Perancis Emmanuel Macron menyebut krisis yang tengah melanda ini menujukkan bahwa semua kerentanan saling terkait satu sama lain. Tekanan terhadap alam akibat kegiatan manusia meningkatkan ketidaksetaraan, mengancam kesehatan dan keamanan.

ktt bumi

“Kita perlu melakukan perubahan transformasi model pembangunan dengan cepat. Kita dapat mengubah hal ini jika kita memutuskan untuk mengubahnya,” ujarnya.

Dalam KTT itu, Sekjen PBB Antonio Guterres mengatakan, pemulihan pandemi menjadi kesempatan bagi masyarakat global untuk mengubah arah.

“Lewat kebijakan yang cerdas dan investasi yang tepat, kita dapat kembali memetakan jalan yang menciptakan kesehatan bagi semua, menghidupkan kembali ekonomi, membangun ketahanan dan menyelamatkan keanekaragaman hayati,” tuturnya.

africa green wall

Ia mencontohkan inovasi dalam bidang energi dan transportasi dapat mengarahkan pemulihan berkelanjutan dan transformasi ekonomi dan sosial.

“Solusi berbasis alam seperti Tembok Hijau Besar Afrika, sangat menjanjikan.”

Dengan melestarikan keanekaragama hayati dunia, maka juga membuka lapangan pekerjaan.

“Menurut World Economic Forum, peluang bisnis yang muncul dapat menciptakan 191 juta lapangan pekerjaan baru pada tahun 2030,” tambahnya.

BACA JUGA  Berkas Rahasia Tentang UFO Milik CIA Dapat Diunduh