Iklan
Iklan

Langgar Karantina Covid-19, Warga Filipina Tewas Setelah Dihukum

- Advertisement -
Seorang pria Filipina yang ditemukan melanggar aturan karantina Covid-19 telah meninggal setelah dipaksa melakukan 300 latihan squat oleh polisi sebagai hukuman, kata keluarganya.

Darren Manaog Penaredondo diduga dihentikan oleh petugas saat membeli air pada pukul 18:00 waktu setempat di provinsi Cavite pada hari Kamis.

Dia pingsan keesokan harinya dan kemudian meninggal.

Provinsi Cavite, di pulau Luzon, saat ini diisolasi secara ketat untuk mengatasi penyebaran Covid-19.

covid-19 filipina

Marlo Solero, Kapolsek Kota General Trias, mengatakan tidak ada hukuman fisik bagi mereka yang terbukti melanggar aturan jam malam Covid-19, hanya peringatan dari petugas. Dia mengatakan kepada media lokal bahwa jika petugas ditemukan telah memberlakukan hukuman, itu tidak akan ditoleransi.

Seorang kerabat korban, Adrian Lucena, mengumumkan kematiannya di Facebook. Dia mengatakan Penaredondo dan lainnya yang ditemukan melanggar jam malam diberitahu untuk melakukan 100 latihan squat.

Jika mereka gagal melakukannya pada saat yang sama, mereka harus mengulang set tersebut, katanya. Mereka akhirnya melakukannya 300 kali.

Penaredondo pulang pukul 06.00 pada Jumat pagi dalam kesakitan, kata saudaranya. Teman sekamarnya mengatakan kepada outlet berita lokal Rappler bahwa dia kesulitan untuk bergerak sepanjang hari Jumat.

covid-19 filipina

“Sepanjang hari itu, dia kesulitan untuk berjalan, dia hanya merangkak. Tapi saya tidak menganggapnya serius karena dia mengatakan itu hanya sakit tubuh yang biasa,” kata Reichelyn Balce.

Keesokan harinya dia pingsan dan berhenti bernapas. Balce meminta tetangga untuk membantu menghidupkannya, tetapi dia dilaporkan meninggal tidak lama kemudian.

Ony Ferrer, Wali Kota General Trias, mengatakan telah memerintahkan pimpinan Kepolisian untuk melakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Dia menggambarkan hukuman itu sebagai “penyiksaan”.

covid-19 filipina

Ferrer menambahkan bahwa dia telah melakukan kontak dengan keluarga Penaredondo.

Awal bulan ini Human Rights Watch memperingatkan bahwa pelanggar aturan di Filipina sedang disiksa. Kelompok hak asasi mengatakan ada kasus di mana polisi dan pejabat lokal mengurung orang di kandang anjing dan yang lainnya dipaksa duduk di bawah sinar matahari tengah hari.

Dalam pidatonya di televisi pada hari Kamis, Presiden Rodrigo Duterte memperingatkan warga untuk tidak menentang aturan lockdown Covid-19, dengan mengatakan: “Saya tidak akan ragu. Perintah saya kepada polisi dan militer, serta pejabat desa, jika ada masalah, atau saat-saat di mana ada kekerasan dan hidup Anda dalam bahaya, tembak mati mereka. “

Trending Topic

1 KOMENTAR

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA