Iklan
Iklan

Larangan Mudik Lebaran 2021 akan Diawasi Secara Ketat

- Advertisement -
Larangan mudik lebaran 2021 akhirnya diumumkan oleh pemerintah. Larangan mudik ini dimulai tanggal 6 hingga 17 Mei 2021.

Usai pengumuman larangan mudik lebaran 2021, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan strategi. Padahal sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan sinyal memperbolehkan mudik lebaran tahun ini.

Kini, Kemenhub harus kembali beradaptasi dengan larangan mudik lebaran 2021 yang diumumkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy pada Jumat (26/3/2021).

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati menegaskan Kementerian Perhubungan (kemenhub) akan menyiapkan aturan pengendalian transportasi pada masa mudik 2021.

“Kemenhub akan mengawasi secara ketat, dengan meningkatkan segenap sumber daya agar semua protokol diterapkan dengan disiplin dan konsisten baik dari operator transportasi maupun calon penumpang. Kemenhub akan berkoordinasi intens dengan Polri,” ujar Adita.

Mudik Lebaran 2021

Kemenhub juga akan merilis Surat Edaran protokol kesehatan perjalanan hingga kedatangan setelah mudik 2021 dilarang. Aturan tersebut berlaku baik untuk transportasi pribadi maupun umum (darat, laut, udara, dan perkeretaapian).

Adita mengungkapkan Kemenhub akan menyiapkan langkah-langkah untuk memastikan kelancaran angkutan barang, dalam rangka ketersediaan logistik. Khususnya, kebutuhan dasar masyarakat dan mendukung pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi virus Corona.

Larangan mudik saat lebaran mulai 6 sampai 17 Mei diumumkan karena berkaca terhadap naiknya angka kasus Covid-19 pada libur panjang natal dan tahun baru. Larangan mudik 2021 itu diiringi pemberian bantuan sosial (bansos).

Muhadjir juga mengimbau masyarakat tidak melakukan perjalanan ke luar daerah, kecuali benar-benar dalam keadaan mendesak dan perlu.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA