Beranda INTERNASIONAL Lawan Kebangkitan Neo-Nazi, PBB Desak Tindakan Global

Lawan Kebangkitan Neo-Nazi, PBB Desak Tindakan Global

Neo-Nazisme semakin berkembang, untuk itu Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres mendesak tindakan global yang dikoordinasikan untuk membangun aliansi melawan pertumbuhan dan penyebarannya.

Selain itu perlawanan juga diperlukan terhadap supremasi kulit putih dan kebangkitan xenophobia, anti-Semitisme, dan ujaran kebencian yang dipicu sebagian oleh pandemi COVID-19, Senin (26/1).

Kepala PBB juga mendesak tindakan internasional “untuk melawan propaganda dan disinformasi.”

Dan dia menyerukan untuk meningkatkan pendidikan pada tindakan Nazi selama Perang Dunia II, menekankan bahwa hampir dua pertiga dari orang-orang muda Amerika tidak tahu bahwa 6 juta orang Yahudi terbunuh selama Holocaust.

pbb antonio gueterrres

Guterres berbicara di Park East Synagogue tahunan dan United Nations International Holocaust Remembrance Service menandai peringatan 76 tahun pembebasan kamp konsentrasi Auschwitz-Birkenau, yang diadakan secara virtual tahun ini karena COVID-19.

Dia mengatakan pandemi “telah memperburuk ketidakadilan dan perpecahan yang sudah berlangsung lama.”

“Propaganda yang menghubungkan orang Yahudi dengan pandemi, misalnya, dengan menuduh mereka menciptakan virus sebagai bagian dari tawaran untuk dominasi global, akan konyol, jika itu tidak begitu berbahaya,” katanya.

pbb

“Ini hanyalah manifestasi terbaru dari trope anti-Semit yang berasal dari setidaknya abad ke-14, ketika orang Yahudi dituduh menyebarkan wabah bubonik.”

 

Sekretaris jenderal mengatakan hal itu menyedihkan tetapi tidak mengherankan bahwa pandemi telah memicu letusan lain penolakan Holocaust, distorsi, dan meminimalkan sejarah.

Guterres mengatakan pihak berwenang AS telah memperingatkan bahwa neo-Nazi sedang meningkat di seluruh negeri dan di seluruh dunia.

Di beberapa negara yang tidak disebutkan namanya, katanya, neo-Nazi telah menyusup ke polisi dan layanan keamanan negara dan ide-ide mereka dapat didengar dalam debat partai politik arus utama.

 

nazi