Beranda EKONOMI Listrik Gratis untuk Pelanggan PLN 450 VA, Inilah Cara Mengeceknya

Listrik Gratis untuk Pelanggan PLN 450 VA, Inilah Cara Mengeceknya

Listrik Gratis
Listrik gratis bagi 24 juta pelanggan PLN dengan daya 450 VA telah disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Selama tiga bulan masyarakat miskin Indonesia mendapat fasilitas khusus dari pemerintah.

Pembebasan pembayaran listrik gratis kata Jokowi berlaku selama tiga bulan yang dimulai April, Mei, dan Juni 2020. Berarti tidak ada tagihan listrik selama 3 bulan ke depan bagi warga miskin sesuai kriteria tersebut.

Bahkan Jokowi juga mengumumkan pelanggan listrik dengan daya 900 VA bersubsidi juga akan mendapatkan diskon tarif 50 persen, di luar listrik gratis 3 bulan bagi pelanggan 450 KV.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan, pelanggan listrik prabayar golongan 450 VA dan 900 VA (subsidi) akan mendapatkan kompensasi PLN token listrik gratis selama 3 bulan ke depan.

Inilah cara mengecek listrik di rumah anda yang termasuk kategori tarifnya digratiskan dan disubsidi pemerintah.

Cara paling mudah mengetahui daya listrik di rumah adalah dengan melihat langsung pada meteran listrik. Terdapat kode CL yang menjadi penanda bagi PLN saat memasang daya di rumah pelanggannya.

PLN membagi meteran listrik dalam 5 jenis untuk pelanggan non industri dari yang paling rendah hingga paling tinggi. Berikut kategori daya berdasarkan meteran rumah:

CL 2 = 450 KV

CL 4 = 400 KV

CL 6 = 1.300 KV

CL 10 = 2.200 KV

CL 16 = 3.500 KV

Insentif pembebasan tarif listrik ini diberlakukan untuk mengurangi dampak ekonomi akibat meluasnya wabah virus corona (Covid-19) di Indonesia.

Selain menggratiskan tarif listrik pelanggan 450 VA, pemerintah merilis sejumlah paket insentif lain antara lain menambah jumlah penerima PKH dari 9,2 juta keluarga menjadi 10 juta keluarga.

Kemudian menaikkan anggaran untuk alokasi Kartu Pra Kerja dari Rp 10 triliun menjadi Rp 20 triliun. Kemudian relaksasi kredit bagi para debitur bank maupun perusahaan pembiayaan atau leasing.

BACA JUGA:  Rizal Ramli Sebut Warna Asli Gatot Nurmantyo Mulai Kelihatan

 

loading...