INTERNASIONAL

Lokasi Ledakan Beirut Alami Kebakaran

beirut lebanon kebakaran
Kebakaran besar terjadi di pelabuhan ibu kota Lebanon, Beirut, satu bulan setelah ledakan besar di sana menewaskan lebih dari 190 orang.

Kebakaran terjadi di gudang minyak dan ban di zona bebas bea pelabuhan. Pihak berwenang mengatakan kepada media lokal bahwa itu disimpan di satu tempat.

Belum jelas apa yang menyebabkan kebakaran itu. Sejauh ini tidak ada korban jiwa yang dilaporkan.

Petugas pemadam kebakaran berada di tempat kejadian, dan militer mengatakan helikopternya digunakan untuk memadamkan kobaran api.

Rekaman yang dibagikan di media sosial menunjukkan pekerja pelabuhan melarikan diri saat kebakaran terjadi.

beirut lebanon kebakaran

Kepala Palang Merah Lebanon, George Kettaneh, mengatakan beberapa orang menderita sesak napas, tetapi tidak ada laporan korban luka-luka, menurut kantor berita Reuters.

Kettaneh juga mengatakan tidak ada ketakutan akan ledakan akibat kebakaran tersebut.

Direktur Jenderal Pertahanan Sipil Raymond Khattar mengatakan daerah di sekitar api telah ditutup sepenuhnya untuk mencegah penyebaran api.

“Mereka yang bekerja untuk memadamkan api tidak akan meninggalkan tempat itu sampai apinya benar-benar padam,” katanya kepada Kantor Berita Nasional yang dikelola pemerintah.

Direktur pelabuhan Beirut Bassem al-Qaisi mengatakan kepada stasiun radio Voice of Lebanon bahwa api dimulai di gudang tempat penyimpanan barel minyak goreng, dan kemudian menyebar ke ban di dekatnya.

beirut lebanon kebakaran

“Masih terlalu dini untuk mengetahui apakah itu akibat panas atau kesalahan lainnya,” katanya.

Pihak berwenang kota Beirut sedang menyelidiki penyebab kebakaran.

Meski sudah dipastikan situasi terkendali, sejumlah warga yang masih trauma dengan ledakan bulan lalu, kabur ke luar kota.

“Saya terpaksa mengeluarkan mereka dari Beirut dari asap dan kebakaran yang terjadi di pelabuhan lagi,” Majed Hassanein, yang pergi bersama istri dan anak-anaknya, mengatakan kepada Reuters.

BACA JUGA:  Ditutup Akibat Covid-19, Taj Mahal Kembali Dibuka

Yang lain menggambarkan bagaimana api membawa kembali ingatan akan ledakan itu.

“Saya masih merasakan bumi berguncang,” kata Dana Awad kepada kantor berita Associated Press.

beirut lebanon kebakaran

Ledakan pada 4 Agustus itu terjadi ketika 2.750 ton amonium nitrat meledak. Ada kemarahan karena begitu banyak bahan berbahaya disimpan dengan tidak aman di gudang di pelabuhan kota, dekat dengan daerah pemukiman.

Selain korban jiwa, ribuan orang terluka dan sebanyak 300.000 kehilangan tempat tinggal akibat ledakan tersebut.

Pengunduran diri pemerintah Lebanon tak lama kemudian gagal menenangkan pengunjuk rasa, yang bentrok dengan polisi di kota selama beberapa malam.

Tim penyelamat minggu lalu menggeledah puing-puing bangunan yang hancur setelah mesin sensor mendeteksi sinyal yang berdenyut di daerah tersebut, tetapi pencarian tidak menemukan tanda-tanda kehidupan.

loading...