Iklan
Iklan

Longsor di Bandung 1 Orang Tewas

- Advertisement -
Satu orang dinyatakan tewas saat terjadi longsor di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, pada Sabtu (27/11) pukul 21.15 WIB. Sementara dua orang warga mengalami luka ringan.

“Longsor di Bandung satu orang dinyatakan tewas dan dua warga mengalami luka ringan dan telah mendapatkan perawatan di RS Soreang,” ujar Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari, Minggu (28/11/2021).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung melaporkan, longsor ini terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi. Kondisi hujan membuat struktur tanah labil sehingga menimbulkan bencana.

Peristiwa tersebut telah menimpa rumah warga di Desa Cukang Genteng di Kecamatan Pasir Jambu. Terdapat satu rumah warga dilaporkan rusak berat akibat tertimpa material longsor.

BPBD Kabupaten Bandung bersama tim gabungan seperti unsur TNI dan Polri, Pramuka Peduli, PMI, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan Dinsos, dan masyarakat memberikan penanganan darurat kepada korban terdampak, seperti logistik.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengatakan, pergerakan tanah di wilayah Kabupaten Bandung khususnya Kecamatan Pasar Jambu, memiliki potensi bahaya dengan kategori menengah hingga tinggi pada November ini. Karena itu, BNPB mengimbau masyarakat untuk tidak bermukim di bawah lereng bukit.

“Sementara itu, diperlukan mitigasi berbasis vegetasi dengan menanam tanaman seperti akar wangi untuk mengikat struktur tanah dan antisipasi ancaman tanah longsor,” ujar Abdul.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA