Longsor di Panasahan Pesisir Selatan, Arus Lalu Lintas Buka Tutup

longsor,pesisir selatan,arus
Akibat hujan turun hingga malam ini, tanah yang berada di Bukit Pulai RCTI Painan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan longsor. Rabu (29/9/2021) pukul 18.00 WIB.

Kondisi longsor tersebut membuat setengah jalan lintas menghubungkan Kecamatan Batang Kapas – Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan tertutup material tanah, batu dan ranting pohon.

Berdasarkan pantuan dilapangan, ada dua titik longsor, di depan Mako Pol Airud, Polres Pessel dan Bukit RCTI.  Terparah longsor berada di depan Mako Sat Pol Airud Polres Pessel. Membuat antrian kendaraan dari dua arah hampir 1 kilo lebih.

Satu unit Ekskavator mini milik Dinas Pekerjaan Umum, Pessel di terjunkan untuk membersihkan material tanah bercampur lumpur.

Sejak hujan longsoran bukit sangat rawan. Apalagi di daerah Bukit Pulai, Bukit RCTI dan Bukit Batu Tembak. Itu kondisi tanah bukitnya sangat labil dan bisa saja sewaktu-waktu terjadi longsor, seperti kali ini ,” jelas Andri (23) salah seorang pengendara sepeda motor.

Agar arus lalu lintas berjalan lancar, Anggota Satlantas Polres Pessel, dibantu Polsek IV Jurai, Polres Pessel diturunkan ke lokasi.

Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo, S.I.K, M.H melalui Kasat Lantas Polres Pessel Iptu. Riwal Maulidinata, STK.SIK membenarkan terjadi longsor di wilayah hukum Polres Pessel, tepatnya di kawasan bukit Pulai Panasahan dan Bukit RCTI.

Riwal mengatakan, setelah hampir dua jam lebih pukul 20.00 WIB longsoran tanah bercampur lumpur berhasil di bersihkan dengan menggunakan satu unit alat berat ekskavator mini.

” Kita juga telah turun anggota Lantas dilokasi, untuk melakukan pengaturan lalu lintas, ”  kata nya.

Kita menghimbau pada pengendara agar selalu berhati-hati. Karena potensi hujan selain membuat jalan menjadi lincin. Tanah bukit yang biasa dilintasi pengendara juga rawan terhadap longsor.

“Saya mengimbau warga untuk selalu berhati-hati. Karena memang kondisi hujan ini jalan licin. Jadi mari kita jaga keselamatan lalulintas selama berkendara,” tekuk Kasat Lantas.

Sementara itu kendaraan datang dari dua arah diberlakukan buka tutup, alias satu arah. Turun juga di lokasi Kapolsek IV Jurai AKP. Zulhermansyah. SH dan anggota.(Kay)

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments