NASIONAL

Lulus SNMPTN Calon Mahasiswa Bisa Saja Gagal Kuliah di Kampus Impian, Kok Bisa?

SNMPTN
Lulus SNMPTN ternyata belum menjamin perjuangan para calon mahasiswa akan berakhir, sebab ada beberapa langkah lagi yang harus diikuti sebelum benar-benar bisa kuliah di kampus impian.

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mohammad Nasih menegaskan bahwa hasil SNMPTN tak berarti menentukan masuk atau tidaknya calon mahasiswa ke perguruan tinggi yang dituju.

Mohammad Nasih mengatakan, lulus SNMPTN tak melulu masuk kampus impian. Mengapa?

Nasih menyebut calon mahasiswa yang lulus seleksi 2020 masih harus melakukan proses verifikasi atau daftar ulang di kampus tujuan. Di proses inilah patut diwaspadai agar langkah calon mahasiswa baru tak terjegal.

“Yang kita umumkan nanti adalah lulus atau tidak lulus seleksi SNMPTN, bukan diterima atau tidak diterima. Kenapa?” ujar Nasih, Rabu (8/4/2020).

Kata Nasih, untuk bisa menjadi diterima itu masih diperlukan beberapa proses lanjutan lagi. Termasuk verifikasi ekonomi, verifikasi data rapor dan lain-lain. Itu masih harus ada proses verifikasi.

Dijelaskan Nasih calon mahasiswa akan resmi diterima di PTN tujuan jika sudah melakukan verifikasi atau lapor diri. PTN akan melakukan verifikasi terkait data diri dan nilai rapor calon mahasiswa.

Oleh sebab itu, Nasih menegaskan agar para calon mahasiswa baru benar-benar membaca peraturan terkait proses penerimaan mahasiswa baru. Ia menegaskan setiap PTN memiliki jadwal verifikasi dan persyaratan yang berbeda-beda.

“Kawan-kawan semuanya para peserta, kita mohon, dan panitia juga untuk bisa mendorong agar para siswa yang khususnya lulus seleksi SNMPTN ini benar-benar melihat dan membaca secara cermat peraturan tentang penerimaan mahasiswa baru di laman PTN tujuan,” tegas Nasih,

Karena menurut Nasih ada beberapa persyaratan yang harus dicermati di PTN masing-masing. PTN dapat melakukan verifikasi bagi calon mahasiswa yang lulus seleksi SNMPTN menggunakan beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

BACA JUGA:  Ancaman Gelombang Kedua COVID-19 Mengintai DKI Jakarta

PTN kata Nasih juga memiliki hak untuk melakukan kunjungan ke tempat tinggal calon mahasiswa.

Nasih mengingatkan agar tahap ini jangan disepelekan oleh setiap calon mahasiswa baru. Sebab bukan tak mungkin calon mahasiswa baru yang terlambat melakukan daftar ulang atau verifikasi di kampus masing-masing berakhir tidak diterima kendati lolos seleksi.

Comments

comments

loading...