NASIONAL

Mahfud MD: Angka Kematian Laka Lantas 9 Kali Lebih Banyak dari Angka Kematian COVID-19

Mahfud MD
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, menyampaikan, jangan dianggap enteng Covid-19, namun juga tidak perlu ditakuti secara berlebihan.

Mahfud MD mengungkapkan, rata-rata jumlah kematian yang disebabkan Covid-19 jauh lebih kecil dari rata-rata jumlah kematian akibat kecelakaan lalu lintas (laka lantas).

“Saudara jangan anggap enteng corona. Tapi juga jangan takut betul,” ujar Mahfud MD dalam kegiatan halal bihalal Idul Fitri Keluarga Besar Universitas Sebelas Maret secara daring, Selasa (26/5/2020).

Mahfud MD mengatakan, di Indonesia rata-rata ada 4.884 orang meninggal dunia setiap harinya. Sejak tanggal 1 Januari hingga akhir April lalu, kata Mahfud, rata-rata jumlah orang yang meninggal disebabkan COVID-19 sebanyak 17 orang setiap harinya.

“Dari tanggal 1 Januari sampai dengan akhir April, 131 hari itu, sehari rata-rata cuma 17. Angka kematian karena kecelakaan lalu lintas itu sembilan kali lebih banyak dari corona,” ujarnya.

Mahfud mengatakan, masih lebih banyak orang yang meninggal karena AIDS dan diare ketimbang corona. Menurut Mahfud, di dunia, orang yang meninggal karena diare dalam 131 hari mencapai 560 ribu orang, sedangkan yang meninggal karena corona sebanyak 280 ribu.

“Di dunia itu yang mati karena diare selama 131 hari itu 560 ribu, yang mati karena corona cuma 280 ribu. Itu seluruh dunia. Yang mati karena kanker itu 3 juta orang,” pungkas Mahfud MD.

BACA JUGA:  Anies Baswedan Izinkan Reklamasi, Sandi Kecewa
loading...