Beranda GAYA HIDUP Mau Ganti Plat Mobil 5 Tahunan? Begini Cara Mengetahui Biayanya

Mau Ganti Plat Mobil 5 Tahunan? Begini Cara Mengetahui Biayanya

plat mobil

Pemilik mobil harus memiliki asuransi mobil untuk memberikan perlindungan. Asuransi memang banyak manfaatnya. Anda bisa mengetahui berbagai manfaat asuransi di https://lifepal.co.id/media/manfaat-asuransi.

Namun, selain memiliki asuransi mobil, pemilik mobil pun harus menyiapkan biaya ganti plat mobil 5 tahunan. Plat nomor merupakan identifikasi penting kendaraan, yang juga menjadi bukti kendaraan sudah berizin legal untuk beroperasi di jalanan.

Jika Anda tak ganti plat nomor setelah habis masa berlakunya, maka kendaraan tersebut tak penuhi syarat administrasi dan hukum. Penggantian plat mobil pun berhubungan dengan perpanjangan STNK 5 tahunan.

Biaya Mengganti Plat Mobil 5 Tahunan

Mengganti plat mobil 5 tahunan tentu ada biayanya yang harus Anda bayarkan. Biaya mengganti plat 5 tahunan adalah sekitar Rp100.000, dan beberapa biaya yang lain.

Untuk mengetahui besaran total biaya penggantian plat 5 tahunan, Anda perlu mengetahui dulu apa saja yang perlu dibayarkan.

Detail Biaya Mengganti Plat Mobil 5 Tahunan

Anda tak dapat datang ke Samsat hanya untuk mengganti plat mobil setelah habis masa berlakunya. Rangkaian mengganti plat mobil 5 tahunan harus bersamaan perpanjangan STNK 5 tahunan serta pelunasan pajak mobil tahunan.

Seperti yang disebutkan di atas, ada beberapa biaya yang harus Anda bayarkan ketika ganti plat mobil 5 tahunan. Berikut ini beberapa hal yang perlu dibayar tersebut:

  • Biaya TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor Indonesia)
  • Biaya penerbitan STNK mobil
  • Biaya pengesahan STNK
  • Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas
  • Biaya cek fisik

Nah, itulah detail biaya perpanjangan STNK serta biaya mengganti plat mobil yang perlu Anda siapkan. Namun, itu jika Anda sudah membayar PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) pada tahun tersebut.

Jika belum membayar pajak mobil tahunan, maka total biaya ganti plat mobil 5 tahunan dan perpanjangan STNK ditambahkan dengan biaya PKB serta denda (jika ada).

BACA JUGA  Cara Pakai Skincare Berbahan Acid Agar Kulit Tidak Alami Iritasi

Biaya pajak mobil tentunya beda-beda tergantung pada tipe mobil serta domisili kendaraan. Anda bisa mengecek biaya pajak mobil di internet, website Samsat setempat.

Kesimpulannya, biaya penggantian plat 5 tahunan, yakni meliputi: biaya PKB (serta denda pajak mobil jika memang ada, biaya pencetakan plat nomor mobil yang baru, biaya penerbitan dan pengesahan STNK mobil, biaya SWDKLLJ, biaya pengecekan fisik, dan biaya administrasi jika ada.

Syarat Mengganti Plat Nomor Mobil 5 Tahunan

Nah, Anda sudah memiliki gambaran mengenai berapa biaya penggantian plat mobil 5 tahunan yang perlu untuk disiapkan. Namun, selain biaya yang perlu diketahui, Anda pun perlu mengecek apa saja syarat ganti plat supaya Anda tak perlu bolak-balik ke Samsat.

Dokumen yang perlu untuk disiapkan kurang lebih sama dengan dokumen untuk pembayaran pajak kendaraan tahunan. Untuk itu, inilah daftar dokumen yang harus Anda siapkan untuk mengganti plat nomor mobil 5 tahunan:

  • Dokumen STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) yang asli serta fotokopi.
  • KTP yang asli serta fotokopi.
  • BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) yang asli serta fotokopi.
  • Bawa mobil yang akan diganti platnya.

Berikut ini sejumlah informasi yang lain terkait dengan syarat mengganti plat nomor mobil:

  • KTP dalam persyaratan dokumen yang dimaksudkan adalah identitas dari orang yang sama dengan yang ada atau tercantum pada STNK –sebagai pemilik dari kendaraan yang sah.
  • Sementara jika mobil itu merupakan mobil bekas yang belum dibalik nama, maka Anda harus bawa KTP pemilik mobil yang sebelumnya. Biasanya memang untuk sekalian mengurus administrasi untuk balik nama mobil.
  • Jika mobil tersebut adalah milik kakak, adik, saudara, orang tua, ataupun orang lain yang mana Anda hanya bantu untuk selesaikan proses administrasinya di Samsat, Anda harus membawa KTP pemilik serta tanpa surat kuasa.
  • Jika mobil Anda masih di dalam masa cicilan serta belum pegang BPKB, Anda dapat menghubungi lebih dulu pihak leasing. Anda akan diberikan surat kuasa untuk pinjam BPKB, atau dengan fotokopi BPKB dengan keterangan dari leasing.

Demikianlah pembahasan tentang biaya mengganti plat mobil 5 tahunan dan syaratnya. Semoga bermanfaat.

Facebook Comments

Iklan
Artikulli paraprakSituasi di Ukraina Makin Mencekam, Rusia Lakukan Serangan Besar-Besaran
Artikulli tjetërUsai Berhubungan Badan dengan Wanita Pemandu lagu, Seorang Pria di Jambi Tewas