FENOMENA LANGKA

Medan Magnet Bumi Melemah Secara Misterius

medan magnet bumi
Medan magnet Bumi melemah di wilayah Afrika dan Amerika Selatan, menyebabkan masalah bagi satelit dan pesawat ruang angkasa.

Para ilmuwan yang mempelajari fenomena tersebut mengamati bahwa daerah yang dikenal sebagai Anomali Atlantik Selatan telah tumbuh pesat dalam beberapa tahun terakhir, meskipun alasannya tidak sepenuhnya jelas.

Dengan menggunakan data yang dikumpulkan oleh konstelasi Swarm dari Badan Antariksa Eropa (ESA), para peneliti mencatat bahwa area anomali menurun kekuatannya lebih dari 8 persen antara tahun 1970 dan 2020.

” Anomali Atlantik Selatan telah muncul selama dekade terakhir dan dalam beberapa tahun terakhir berkembang dengan cepat,” kata Jürgen Matzka, dari Pusat Penelitian Geosains Jerman.

“Kami sangat beruntung memiliki satelit di orbit untuk menyelidiki perkembangan Anomali Atlantik Selatan. Tantangannya sekarang adalah memahami proses dalam inti Bumi yang mendorong perubahan ini.”

Satu kemungkinan, menurut ESA, adalah bahwa medan yang melemah adalah tanda bahwa medan magnet Bumi akan terbalik, di mana Kutub Utara dan Kutub Selatan berpindah tempat.

Terakhir kali “pembalikan geomagnetik” terjadi adalah 780.000 tahun yang lalu, dengan beberapa ilmuwan mengklaim bahwa yang berikutnya sudah lama tertunda. Biasanya, peristiwa semacam itu terjadi setiap 250.000 tahun.

Dampak dari peristiwa semacam itu bisa menjadi signifikan, karena medan magnet Bumi memainkan peran penting dalam melindungi planet ini dari angin matahari dan radiasi kosmik yang berbahaya.

Sistem telekomunikasi dan satelit juga mengandalkannya untuk beroperasi, menunjukkan bahwa komputer dan ponsel dapat mengalami kerusakan.

Anomali Atlantik Selatan sudah menyebabkan masalah dengan satelit yang mengorbit Bumi, ESA memperingatkan, sementara wahana antariksa yang terbang di daerah itu juga bisa mengalami kerusakan teknis.

Comments

comments

BACA JUGA:  Host TV Jimmy Kimmel Desak Warga Kalahkan Donald Trump di Pilpres 2020
loading...