Iklan
Iklan

Mengapa Otoritas Palestina Menangkap Aktivis Tepi Barat?

Puluhan aktivis Palestina telah ditahan oleh PA setelah serangan Israel di Jalur Gaza

- Advertisement -
Tarqi al-Khudeiri kembali ke rumah bersama keluarganya di kota Ramallah, Tepi Barat yang diduduki, tetapi aktivis berusia 22 tahun, yang wajah dan kehadirannya terkenal dalam demonstrasi di kota itu, masih bingung dengan penangkapannya di tangan Pasukan keamanan Palestina pekan lalu.

“Pasukan keamanan preventif menelepon ponsel ayah saya Sabtu lalu dan memberi tahu dia bahwa dia dan saya harus hadir untuk obrolan ‘ramah’ selama 10 menit di markas mereka,” kata al-Khudeiri kepada Al Jazeera. “Mereka berjanji bahwa ayah saya dan saya akan pulang bersama.”

Para petugas kemudian menunjukkan video protes, mengklaim bahwa al-Khudeiri telah meneriakkan penghinaan terhadap mendiang pemimpin Palestina Yasser Arafat, yang dengan tegas dia bantah.

“Semua orang tahu saya memiliki hubungan yang baik dengan anggota dan aktivis dari berbagai partai politik,” katanya.

Protes ini adalah untuk mendukung perlawanan dan solidaritas dengan orang-orang kami di Gaza selama serangan Israel. Tidak masuk akal menggunakan protes ini untuk menghina para pemimpin politik. ”

Pasukan keamanan mengubah taktik, dan memberi tahu al-Khudeiri bahwa hidupnya di bawah ancaman oleh orang-orang tak dikenal yang dihina oleh dugaan pelanggaran dan keluar untuk menangkapnya.

“Pasukan keamanan menyuruh saya untuk menghabiskan 24 jam di markas mereka sebagai cara perlindungan,” katanya.

Al-Khudeiri, yang menderita diabetes dan menderita penyakit kronis lainnya, menyuruh ayahnya pulang dan membawa obat-obatannya ke markas keamanan.

“Tiba-tiba, tanpa memberi tahu saya apa-apa, saya dibundel di dalam mobil dan dibawa ke kompleks keamanan [penjara] di Jericho,” katanya.

Interogasi dengan kekerasan

Malam itu, aktivis muda itu diinterogasi dengan kejam selama berjam-jam, dan diperlakukan dengan “kemarahan dan kebobrokan yang mendalam” sehingga mengejutkannya.

“Mereka mengancam akan menggantung tangan saya – suatu bentuk penyiksaan yang dikenal sebagai shabah – dan menyerang saya secara fisik dan verbal,” kenangnya. “Mereka memborgol tangan saya di belakang punggung dan menutup mata saya serta memaksa saya duduk berjam-jam di kursi rendah tanpa sandaran.”

Selama 24 jam pertama penahanannya, keluarga al-Khudeiri tidak tahu keberadaannya. Dia akhirnya dibawa ke sel isolasi yang dipenuhi serangga dan “tidak cocok untuk manusia”. Saat kadar gula darahnya turun drastis, permintaannya untuk paket diabetes jatuh di telinga tuli sampai dia mengalami serangan hipoglikemik.

Penahanannya diperpanjang 24 jam lagi, dan dia dilarang menemui pengacara.

Interogasi dimulai lagi keesokan harinya.

“Menjadi jelas bagi saya bahwa masalah yang diduga menghina seorang pemimpin politik ini hanyalah alasan untuk menangkap saya dan memarahi saya tentang hal-hal lain,” kata al-Khudeiri. Dia diinterogasi tentang aktivisme mahasiswanya, penangkapannya sebelumnya oleh Israel pada 2019, dan tentang aktivis lain dan mantan tahanan.

“Mereka tidak menyukai kenyataan bahwa saya blak-blakan menentang Otoritas Palestina, dan menuduh saya sebagai anggota Hamas,” katanya. “Saya menjawab bahwa saya tidak, tetapi bahkan jika saya adalah itu seharusnya tidak menjadi masalah karena mereka mewakili perlawanan terhadap pendudukan Israel.”

Akhirnya, para interogator memberitahunya bahwa jaksa penuntut mendakwanya dengan “mengobarkan perselisihan”, “menghasut” dan “menghina pemimpin simbolik”.

Pada hari Selasa, al-Khudeiri dihadapkan pada penuntutan, yang berbeda dengan apa yang dikatakan para interogator kepadanya, mengatakan dia tidak bersalah dan mengulangi klaim bahwa dia ditahan di kompleks keamanan untuk perlindungannya sendiri. Mereka ingin memperpanjang penahanannya selama 15 hari tetapi akhirnya membebaskannya atas “tanggung jawabnya sendiri”.

Melanggar kebebasan berekspresi

Palestina
Warga Palestina berdemonstrasi di kota Ramallah, di Tepi Barat yang diduduki, dalam solidaritas dengan Gaza pada 18 Mei [File: Abbas Momani / AFP]

Kasus Al-Khudeiri adalah satu dari puluhan penangkapan aktivis Palestina  dan mahasiswa Palestina baru-baru ini oleh pasukan keamanan Otoritas Palestina di Tepi Barat yang diduduki.

Tahanan lainnya termasuk Mahdi Abu Awwad, Mustafa Al-Khawaja, Akram Salamah, Anas Qazzaz dan Hussam Amareen, seorang mahasiswa kedokteran di Universitas al-Quds.

Menurut Shaker Tameiza, seorang pengacara dengan kelompok hak-hak tahanan Addameer, kampanye penangkapan dimulai setelah berakhirnya serangan Israel di Jalur Gaza, dan setelah Tepi Barat menyaksikan protes populer yang mengungkapkan dukungan dan solidaritas mereka dengan saudara-saudara mereka di Gaza.

“Tingkat penangkapan ini mengkhawatirkan,” kata Tameiza kepada Al Jazeera. “Jika ini terus berlanjut, kita bisa melihat ratusan penangkapan politik hanya dalam beberapa bulan.”

Dengan melanggar hukum, para tahanan dipindahkan dari kota asal mereka ke kompleks keamanan di Jericho – yang oleh para aktivis disebut sebagai “rumah jagal Jericho”.

Menurut keterangan yang kami dengar, yang ditangkap menjadi sasaran penyiksaan berupa shabah, caci maki, dan pemukulan fisik, ” ujarnya.

“Undang-undang menyatakan bahwa setiap terdakwa harus diadili di kotanya,” lanjutnya. “Pemindahan mereka ke Jericho berarti bahwa pengacara tidak memiliki akses langsung ke mereka.”

Semua penangkapan itu didasarkan pada pelanggaran kebebasan berekspresi, seperti unggahan media sosial dan nyanyian saat protes.

“Sebagian besar tuduhan yang dituduhkan kepada para aktivis kurang lebih sama, seperti ‘mengobarkan perselisihan sektarian dan rasial’ – yang berarti menghina PA,” kata Tameiza.

Menurut Lawyers for Justice Network, penangkapan politik – yang meningkat sejak pekan lalu – “bertentangan dengan keputusan kebebasan baru-baru ini yang dikeluarkan oleh presiden Otoritas Palestina, secara eksplisit dan jelas”.

Protes dipandang sebagai ancaman oleh PA

Tindakan keras terhadap aktivis bukanlah hal baru, dan berakar pada apa yang digambarkan oleh analis politik Khalil Shaheen sebagai “kebijakan bertahan hidup” PA.

PA bergantung pada legitimasi dari komunitas internasional dengan hanya mengadopsi wacana solusi dua negara dan apa yang disebut negosiasi proses perdamaian, jelasnya.

“Itu berarti bahwa mereka melihat kebijakan lain, bahkan jika itu berakar pada protes rakyat, sebagai ancaman terhadapnya. Setiap penyimpangan dari strategi PA ini mengakibatkan pemerintah menindak para aktivis, karena bukanlah kepentingan Otoritas untuk melihat protes berubah menjadi Intifada. ”

Di masa lalu, PA telah menangani protes populer baik dengan mengkooptasi mereka atau menjaga kontrol atas mereka sebagai cara untuk menekan Israel agar kembali ke meja perundingan.

Namun, peristiwa dan perkembangan baru-baru ini di lapangan – dari protes Sheikh Jarrah dan penggerebekan Israel ke kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem, hingga serangan terhadap orang-orang Palestina di dalam wilayah 1948, hingga roket yang ditembakkan dari Gaza – semuanya berfungsi sebagai bahan bakar. situasi.

“PA khawatir bahwa konfrontasi bersenjata dengan Israel akan menyebar ke Tepi Barat yang diduduki,” kata Shaheen. Selain itu, muncul generasi baru aktivis yang tidak terpolitisasi sesuai keanggotaan partai, sehingga tidak bisa dikooptasi. Pemuda ini telah berada di garis depan konfrontasi dengan pasukan Israel, baik di Yerusalem atau di Haifa, dan secara tradisional tidak dikenal oleh PA. ”

Kampanye penangkapan sebagai taktik ketakutan, yang berlangsung bersamaan dengan operasi “hukum dan ketertiban” Israel di wilayah 1948 di mana ratusan warga Palestina Israel telah ditangkap, sejalan dengan perilaku pemerintah otoriter, Kata Shaheen.

“PA memerintah dengan ketakutan karena sangat ingin mempertahankan otoritasnya,” ujarnya. “Inilah mengapa mereka menunda pemilihan, karena mereka tahu itu akan menjadi kekalahan yang memalukan bagi partai dominan Fatah.”

Bagi aktivis al-Khudeiri, ini bukan saatnya faksi mencetak poin politik individu.

“Palestina perlu mempertahankan persatuan yang kami saksikan ini telah ditempa selama peristiwa baru-baru ini di Sheikh Jarrah dan seluruh Yerusalem, di Gaza, dan pada tahun 1948 Palestina,” katanya.

“Kita perlu tetap bersatu di bawah satu bendera untuk melawan normalisasi Israel, pendudukan dan koordinasi keamanan sebagai cara untuk mengubur apa yang disebut proses perdamaian, yang sebenarnya sudah mati. Pada akhirnya, apa yang kami lakukan di jalanan adalah agar orang-orang kami dapat berkembang dan hidup dengan terhormat dan dalam kebebasan. ”

Artikel Asli Aljazeera

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA