Beranda PARIWISATA Travel Awas, Menggunakan Pengisi Daya Telepon Bandara Gratis Dapat Menguras Rekening Bank Anda!

Awas, Menggunakan Pengisi Daya Telepon Bandara Gratis Dapat Menguras Rekening Bank Anda!

Stasiun pengisian daya publik dan port USB dapat menjadi penyelamat ketika daya baterai ponsel Anda berkurang, tetapi ancaman “juice jacking” harus membuat Anda berpikir dua kali sebelum menggunakan pengisi daya secara acak, melansir dari News.com.au.

Peretas menginfeksi port dengan malware yang, ketika pemilik telepon mencolokkan pengisi daya, maka malware akan menginfeksi ponsel mereka – dan mungkin mencuri tabungan mereka, New York Post melaporkan.

“Biaya gratis (gratisan) bisa berakhir menguras rekening bank Anda,” kata wakil jaksa Distrik Los Angeles Luke Sisak dalam video yang diposting oleh kantornya.

free charger in airport

Pihak berwenang di Amerika Serikat memperingatkan wisatawan untuk mewaspadai bahaya menggunakan pengisi daya di bandara ini menjelang musim liburan.

“Penjahat memuat malware ke stasiun pengisian daya atau meja yang mereka tinggalkan di kios. Setelah pengguna yang tidak curiga mencolok, ponsel atau perangkat elektronik mereka terinfeksi.”

Steve Beaty, pakar keamanan siber di Metropolitan State University of Denver, mengatakan kepada penyiar New York WKBW bagaimana peretasan itu bekerja.

“Peretasan ini merupakan kombinasi dari juicing up ponsel dan dibajak pada saat yang sama,” ujarnya, mengatakan itu mirip dengan apa yang terjadi ketika peretas memasukkan skimmer kartu ke pompa bensin atau ATM.

pengisi daya ponsel

“Perangkat skimming merupakan jenis yang sama. Mereka memiliki komputer kecil di sana yang membaca (garis magnetik) Anda,” tambahnya.

Pihak berwenang telah memperingatkan jus jacking sejak 2011. Malware dapat mengunci perangkat Anda atau mengirimkan kata sandi, alamat, atau cadangan lengkap ponsel Anda ke peretas dalam beberapa menit.

Untuk menghindari menjadi korban penipuan, pihak berwenang merekomendasikan penggunaan stopkontak dan pengisi daya Anda sendiri – atau menggunakan yang portabel semisal power bank.

Aplikasi seperti SyncStop juga membantu melindungi data Anda dari sinkronisasi dan malware yang tidak disengaja.

power bank

Malware dapat muncul di mana-mana saat ini, bahkan sistem pemerintah dan rumah sakit pun rentan, dan “eksploitasi kit” memiliki kemampuan untuk menginfeksi komputer dengan kecepatan yang cepat.

Baru-baru ini, sekumpulan aplikasi Android dilaporkan menginfeksi ribuan pengguna dengan bug “Joker” yang mendaftarkannya untuk layanan berbasis langganan tanpa sepengetahuan mereka.

Dengan berhati-hati tentang apa yang Anda unduh, klik, dan di mana dan bagaimana Anda mengisi daya ponsel Anda, Anda dapat menghindari secara tidak sengaja mengorbankan teknologi Anda.