Iklan
Iklan

Mesir Temukan Peti Mati Tertua di Saqqara

- Advertisement -
Mesir menemukan sebuah kuil pemakaman beserta peti mati tertua yang pernah ditemukan di Saqqara, membuka lebih banyak rahasia di situs pemakaman kuno dan menandai penemuan besar lainnya di pekuburan luas di selatan Kairo.

Negara itu mengatakan misi yang dipimpin oleh Egyptologist terkemuka Zahi Hawass, mantan menteri negara urusan barang antik, menggali kuil pemakaman Ratu Nearit, istri Raja Teti – firaun pertama dari Dinasti Keenam Mesir.

Misi tersebut juga menemukan 52 poros penguburan dengan lebih dari 50 peti mati kayu ditemukan di dalamnya. Mereka berasal dari 3.000 tahun yang lalu, sarkofagus tertua yang ditemukan di Saqqara.

“Peti mati ini terbuat dari kayu dan antropoid … banyak dewa yang disembah selama periode ini ditampilkan di permukaan peti mati, selain berbagai kutipan dari Kitab Orang Mati yang membantu mereka yang telah meninggal melewati perjalanan dunia lain,” kata Kementerian Pariwisata & Purbakala dalam sebuah pernyataan.

mesir saqqara

Dalam beberapa bulan terakhir, Mesir menemukan ratusan peti mati pejabat tinggi dan pendeta di Saqqara, semuanya berasal dari periode Akhir dan Ptolemaic yang lebih baru.

Penemuan baru ini dibedakan karena sarkofagus Kerajaan Baru yang lebih tua ditemukan, kata kementerian itu. Periode Kerajaan Baru berlangsung dari abad ke-16 SM hingga abad ke-11 SM, mencakup dinasti Mesir ke-18, ke-19, dan ke-20.

“Penemuan tersebut menegaskan bahwa daerah Saqqara tidak digunakan untuk penguburan hanya selama Periode Akhir, tetapi juga selama Kerajaan Baru,” bunyi pernyataan itu.

mesir saqqara

“Kuil mewah dari batu bata lumpur” juga ditemukan pada kedalaman 24 meter di bawah permukaan tanah, terowongan terdalam yang pernah ditemukan. Hawass mengatakan pekerjaan penggalian akan berlanjut sampai ruang pemakaman ditemukan.

“Di dalam terowongan, misi menemukan sejumlah besar artefak arkeologi dan sejumlah besar patung yang mewakili dewa seperti dewa Osiris dan Ptah-Soker-Osiris,” tambah kementerian barang antik.

Mesir telah melakukan operasi penggalian ekstensif di Saqqara dalam beberapa tahun terakhir, yang menghasilkan serangkaian penemuan, termasuk penggalian makam imam kerajaan Wahtye berusia 4.400 tahun pada tahun 2018 dan penemuan ratusan mumi hewan dan patung dalam setahun kemudian.

mesir saqqara

Menteri Pariwisata & Purbakala Khaled El-Enany mengatakan pada November bahwa Mesir dapat “menemukan kuburan dan kuburan di setiap tempat di daerah ini,” mengacu pada Saqqara, yang juga merupakan rumah bagi 13 piramida.

Mesir berharap temuan ini dapat membantu menghidupkan kembali industri pariwisata yang vital, yang mendapat pukulan baru karena pandemi COVID-19 tepat ketika mulai pulih dari pasca pemberontakan dan kerusuhan sipil pada 2011 dan 2013.

Hawass mengatakan penemuan terbaru di pekuburan kuno akan “menjadikan Saqqara tujuan wisata dan budaya yang penting.”

“Itu juga akan menulis ulang sejarah Saqqara selama Kerajaan Baru,” tambahnya.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA