Iklan
Iklan

Militer Myanmar Bebaskan Biksu Anti-Muslim

- Advertisement -
Militer Myanmar telah membebaskan Wirathu, seorang biksu Buddha yang terkenal karena pernyataan anti-Muslimnya, setelah membatalkan tuduhan penghasutan yang diajukan oleh pemerintah terguling Aung San Suu Kyi.

Pernah dijuluki oleh majalah Time sebagai “The Face of Buddhist Terror” karena perannya dalam membangkitkan kebencian beragama di Myanmar, dia dibebaskan setelah semua tuduhan dibatalkan, kata sebuah pernyataan militer, Senin.

Dia “menerima perawatan di rumah sakit militer” tambahnya, tanpa memberikan rincian.

Wirathu, yang berasal dari pusat kota Mandalay, terlibat dalam kelompok 969 anti-Muslim pada 2001 dan pertama kali dipenjara pada 2003.

Dirilis pada 2010, ia menjadi terkenal dua tahun kemudian setelah kerusuhan pecah antara umat Buddha dan etnis minoritas Muslim Rohingya di negara bagian Rakhine barat.

myanmar wirathu biksu buddha

Dia mendirikan organisasi nasionalis yang dituduh menghasut kekerasan terhadap Muslim dan juga berhasil melobi undang-undang yang mempersulit pernikahan beda agama.

Pada tahun 2017, otoritas Buddha tertinggi Myanmar melarangnya berkhotbah selama satu tahun karena pernyataannya. Facebook menutup akunnya pada 2018.

Namun biksu berusia 53 tahun itu tetap menjadi aktor utama dalam aksi unjuk rasa nasionalis, di mana ia menuduh pemerintah Aung San Suu Kyi melakukan korupsi dan marah terhadap upayanya yang gagal untuk menulis ulang konstitusi yang dirancang oleh militer.

Dia dipenjara akhir tahun lalu setelah menyerahkan diri kepada pihak berwenang atas tuduhan Mei 2019 mencoba untuk membawa “kebencian atau penghinaan” dan “ketidakpuasan yang menggairahkan” terhadap pemerintah saat itu.

myanmar wirathu biksu buddha

Myanmar berada dalam kekacauan sejak militer merebut kekuasaan dari Aung San Suu Kyi dalam kudeta pada 1 Februari, yang memicu gerakan protes massa yang melumpuhkan perekonomian. Para jenderal telah menanggapi dengan kekuatan dan lebih dari 1.000 orang termasuk anak-anak tewas dalam tindakan keras tersebut, menurut Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik, yang memantau penangkapan dan kematian.

Wirathu mampu membangun prasangka yang meluas di Myanmar yang mayoritas beragama Buddha terhadap Muslim Rohingya, yang digambarkan sebagai migran dari Bangladesh, meskipun banyak dari keluarga mereka telah tinggal di Myanmar selama beberapa generasi.

Pada tahun 2017, serangan oleh kelompok bersenjata Rohingya di pos polisi Myanmar memicu tindakan keras militer brutal yang menyebabkan ratusan ribu orang Rohingya melarikan diri ke Bangladesh dan sekarang menjadi subjek kasus genosida di Mahkamah Internasional.

Wirathu memiliki banyak pengikut dan dipandang memiliki hubungan dekat dengan militer. Namun dalam sebuah video yang dirilis di media sosial saat dia berada di penjara, dia mengeluh tentang perlakuannya oleh pemerintah yang dibentuk oleh militer.

myanmar wirathu biksu buddha

Myanmar Now, sebuah kelompok media independen, mengatakan Wirathu telah “diampuni” oleh militer di tengah kampanye pembebasannya oleh para pendukung nasionalis. Itu juga mengutip seorang pendukung yang mengatakan bahwa dia menderita COVID-19 dan “tidak dalam keadaan sehat”.

Para jenderal militer, yang membenarkan perebutan kekuasaannya dengan mengklaim kecurangan pemilu dalam pemilihan November 2020, bulan lalu membatalkan hasil pemungutan suara.

Aung San Suu Kyi ditahan ketika para jenderal merebut kekuasaan dan menghadapi serangkaian tuduhan termasuk melanggar pembatasan virus corona, korupsi, dan melanggar undang-undang kerahasiaan.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA