Beranda INTERNASIONAL Misteri Pembentukan Blue Ring Nebula Akhirnya Terungkap

Misteri Pembentukan Blue Ring Nebula Akhirnya Terungkap

Setelah ditemukan pada tahun 2004, kini para ilmuwan mendapatkan bukti baru mengenai misteri puing-puing yang mengorbit di Blue Ring Nebula, yang menjelaskan bagaimana struktur aneh itu bisa terbentuk.

Melansir Viva dari situs Space, Jumat 20 November 2020, Blue Ring Nebula memiliki bintang pusat yang disebut TYC 2597-735-1. Untuk pertama kalinya, ilmuwan menemukan cincin yang mengelilingi bintang itu pada tahun 2004 dengan teleskop Galaxy Evolution Explorer (GALEX) milik NASA.

“Setiap kali kami menemukan teori, sesuatu akan mengatakan bahwa itu tidak benar. Ini hal yang menakutkan, tapi saya menyukai keunikannya dan menarik minat banyak orang untuk mengetahuinya,” ujar astrofisikawan, Merk Seibert.

NASA solves 16 Year Old Cosmic Mystery of the Blue Ring Nebula 22

Menggunakan observatorium WM Keck di Hawaii, peneliti menemukan cincin biru itu terbuat dari awan hidrogen molekuler yang bercahaya berbentuk kerucut yang memanjang dari bintang pusat menuju Bumi

Peneliti juga menemukan awan berbentuk kerucut yang memanjang dari bintang ke arah yang berlawanan. Jika dilihat dari Bumi, awan kerucut ini tumpang tindih, menciptakan bentuk cincin di sekitar bintang, menurut fisikawan, Christopher Martin.

Ilmuwan yakin bahwa puing-puing itu ada karena tabrakan bintang yang mirip Matahari dan kemudian memakan bintang yang ukurannya lebih kecil beberapa ribu tahun yang lalu.

Sal M27 email rick2

“Fenomena penggabungan bintang sudah cukup umum. Dengan cepat mereka tertutup oleh debu lalu mengembang dan mendingin di angkasa. Artinya kita tidak dapat melihat apa yang sebenarnya terjadi,” kata penulis utama studi, Keri Hoadley.

Tabrakan bintang mengeluarkan puing-puing panas ke luar angkasa. Saat puing-puing terbang keluar, ia menciptakan gelombang kejut, memanaskan molekul hidrogen di puing-puing awan dan menghasilkan emisi ultraviolet, menurut ilmuwan pada pengamatan tahun 2004.

BACA JUGA:  Twitter Beri Peringatan Keras, Hati-Hati Like Kicauan dengan Label ‘Menyesatkan’
loading...
Apa Tanggapan Anda Tentang Media Ini?