TEATER

“Musikal Di Rumah Aja” Seni Pertunjukan Pertama Yang Di Gelar Virtual.

Musikal Di Ruma Aja
“Musikal Di Rumah Aja” seni pertunjukan sebuah kolabrasi antara Boow Live bersama Indonesia Kaya di masa Pandemi Covid – 19 yang dilaksanakan secara virtual.

Kegiatan Musikal di Rumah Aja menjadi alternatif bagi para pekerja seni untuk tetap berkarya dan mendukung para pekerja seni panggung budaya yang kehilangan mata pencahariannya di masa pandemi ini.

Pertunjukan musikal secara virtual ini terbilang baru diadakan di dunia seni pertunjukan Indonesia. Penyelenggaraan pertunjukan ini pun terbilang sangat menantang.

Menurut Renitasari Adrian Program Director Indonesia Kaya, seni pertunjukan “Musikal Di Rumah Aja” adalah seni pertunjukan pertama di Indonesia yang digelar virtual.

Musikal Di Ruma Aja
Seluruh NAra Sumber Musikal Di Rumah Aja Saat Jumpa ers Virtual. Foto : Istimewa

“Kita akan mencatat sejarah di seni pertunjukan, membuat kreativitas yang bisa dinikmati secara luas di YouTube.”kata Renitasari Adrian Program Director Indonesia Kaya jumpa pers virtual, Kamis, (16/7/20).

Ini sesuatu yang baru banget. Benar-benar enggak ada referensinya hanya dari ketahuan kita aja,”tambahya

Dalam pertunjukan” Musikal Di Rumah Aja” ada 6 cerita rakyat Indonesia yang dibuat adalah “Malin Kundang”, “Timun Mas”, “Bawang Merah Bawang Putih”, “Sangkuriang”, “Lutung Kasarung”, dan “Rara J” yang diangkat dari cerita rakyat Roro Jonggrang.

Keenam cerita rakyat itu akan dibuat dalam kemasan baru dengan adaptasi dari segi cerita dan penggunaan teknologi secara online untuk kemasan cerita yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Musikal Di Rumah Aja
Kikan Namara sebagai Dayang Sumbi (Sangkuriang). Foto : Istimewa

Pembuatan dari segi cerita melibatkan sutradara teater dan film penata musik yang mengemasnya berdasarkan interpretasi masing-masing salah satunya oleh Titien Wattimena.

“Aku nulis lima cerita dari enam cerita. Dari awal aku tidak berpikir panjang ketika ditawarkan. Motivasinya adalah menyikapi kegelisahan selama pandemi dan ada tujuan membantu sesama teman pekerja seni,” ujar Titien Wattimena selaku penulis cerita.

BACA JUGA:  Karena Covid - 19, Alexandra Rilis Single "Words Left Unsaid".

Proses produksi hampir semua cerita itu dilakukan secara online dan pengambilan gambar mengikuti aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berlaku.

Cerita rakyat yang ditampilkan juga mengadaptasi ciri khas dari masing-masing pihak yang turut serta sehingga menghasilkan satu cerita dengan tampilan yang berbeda dari cerita lainnya.

MUsikal Di Rumah Aja
Dea Panendra sebagai Rubayah (Malin Kundang). Foto : Istimewa

Pertunjukan “Musikal Di Rumah Aja” selain mengangkat 6 Cerita rakyat Indonesia juga melibatkan 6 sutradara teater, 6 sutradara film, 6 sinematografer, 7 penata musik, serta 44 aktor, aktris dan penari Indonesia yang akan menampilkan karya dengan tampilan yang berbeda.

Para aktor dan aktris yang terlibat bercerita pengalaman selama keterlibatan dalam pergelaran “Musikal Di Rumah Aja” seperti Kikan Namara, Jack Lee dan Dea Parendra yang hadir di konferensi pers virtual.

“Aku Jadi Dayang Sumbi dalam produksi pertunjukan musikal “Sangkuriang” yang akan disiarkan virtual ini. Sebuah tantangan baru buat aku karena berbeda dengan profesi aku sebagai vokalis,”ucap Kikan.

“Aku pas pertama kali ditawari jujur agak ragu mau ikutan atau enggak karena pertama orang tahu aku sebagai penyanyi. Aku terakhir itu ikut teater tahun 2011 jadi udah lama banget. Apalagi kita lagi di era pandemi pasti proses workshop berbeda. Kita enggak bisa ketemu langsung,” kata Kikan

Musikal Di Rumah Aja
Zack Lee sebagai Raksasa Dunia (Timun Mas). Foto : Istimewa

Zack Lee yang dalam musikal Timun Mas menjadi raksasa mengaku sampai menangis karena mendalami karakter dan terlalu emosional.

“Mungkin karena treatmen dari Mhyajo, saya sampai begitu (menangis). Karena si raksasa ini kan banyak kesakitan saat kecil. Aku sebagai Zack juga banyak pain (sakit), jadi keluar semuanya (menangis).Ini pengalaman yang tidak akan pernah saya lupakan,” ungkap Jack Lee.

Sedangkan bagi Dea Parendra yang memerankan tokoh Rubayah, ibu Malin Kundang. Tak mudah baginya memerankan tokoh tersebut.

BACA JUGA:  Agnez Mo Rilis Single dan Video Musik "Fuckin Boyfreids" Langsung Trending YouTube.

“Sulit sekali tapi menyenangkan aku bisa terlibat, karena virtualmenjadi tantangan baru buat aku, harus bermain bersama lawan main tanpa harus ketemu tapi  harus mengekspesikan emosi agar energi itu menembus layar. Tapi buat aku sebagai aktor, ini tantangan. Sulit tapi seru!” katanya.

Musikal Di Rumah Aja dapat disaksikan melalui akun YouTube IndonesiaKaya mulai 23 Juli 2020.

Setiap cerita rakyat dimuat dalam satu episode yang akan diluncurkan setiap hari Kamis pukul 20.00 WIB dan dapat disaksikan secara bebas selama tujuh hari ke depan hingga episode baru diluncurkan dan Anda Bisa bedonasi dalam membantu para pekerja seni yang terdampak .(Red).

 

loading...