Beranda NASIONAL Nadiem Makarim: Sekolah Tatap Muka Diperbolehkan Mulai januari 2021

Nadiem Makarim: Sekolah Tatap Muka Diperbolehkan Mulai januari 2021

Nadiem
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim akhirnya mengeluarkan kebijakan terkait proses belajar terhadap siswa sekolah di tengah pandemi. Mendikbud memperbolehkan pembelajaran tatap muka di sekolah mulai Januari 2021.

Dalam siaran YouTube Kemendikbud RI, Ia mengatakan, pemerintah melakukakan penyesuaian kebijakan untuk memberikan kewenangan kepada pemerintah daerah, kanwil atau kantor Kemenag untuk menentukan pemberian izin pembelajaran tatap muka di sekolah-sekolah.

“Mulai Januari 2021, ada tiga pihak yang menentukan apakah sekolah itu boleh dibuka atau tidak. Yang pertama adalah pemdanya sendiri, pemda atau dalam situasi yang lain kanwil atau kantor Kemenag,” kata Nadiem dalam siaran YouTube Kemendikbud RI, Jumat (20/11/2020).

Dalam hasil SKB empat menteri sebelumnya, Nadiem melihat situasi hari ini bahwa hanya 13 persen sekolah yang melakukan pembelajaran tatap muka dan sebesar 87 persen masih belajar dari rumah.

“Perbedaan besar ini dari SKB sebelumnya adalah peta zonasi risiko dari Satgas COVID tidak lagi menentukan pemberian izin pembelajaran tatap muka, tapi pemda yang akan menentukan sehingga mereka bisa memilah daerah-daerah dengan cara yang lebih granular, lebih mendetail,” tegas Nadiem.

Selain itu, Ia juga menyinggung proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama ini punya dampak negatif terhadap siswa maupun orang tua. Dampak itu termasuk psikososial.

“Kebijakan ini berlaku mulai semester genap tahun ajaran 2020/2021. Jadinya bulan Januari 2021. Jadi daerah dan sekolah diharapkan dari sekarang, kalau siap melakukan tatap muka, harus segera meningkatkan kesiapannya melaksanakan ini dari sekarang sampai akhir tahun,” sebut Nadiem.

Nadiem menyebut pembelajaran tatap muka ini sifatnya diperbolehkan, bukan wajib. Keputusan ada di tiga pihak yakni pemerintah daerah, kepala sekolah dan orang tua.

BACA JUGA:  Dinilai Salah Sasaran, BPS Bongkar Data Kartu Pra Kerja
loading...
Apa Tanggapan Anda Tentang Media Ini?