NASIONAL

Inilah Bocoran Sikap Pemerintah Terkait Wacana Pemulangan 600 WNI Eks ISIS

Langkah yang diambil pemerintah terkait wacana pemulangan 600 orang WNI eks simpatisan Islamic state of Iraq and Syria (ISIS) dari Timur Tengah diklaim oleh pengamat terorisme Ridwan Habib, bahwa ia telah mendapat bocorannya.

Ridwan mengatakan, setidaknya ada tiga langkah yang telah disiapkan oleh pemerintah, pertama adalah menolak sepenuhnya pemulangan ratusan WNI tersebut.”Beberapa opsi-opsi, yang sudah dibuat sih yang saya tahu ya ada 3 opsi. Pertama menolak memulangkan para WNI eks ISIS,” ujar Ridwan Habib.

Dalam diskusi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (9/2/2020) pengamat terorisme dari Universitas Indonesia ini menyatakan, bahwa berdasarkan opsi tersebut, pembahasan terkait nasib ratusan WNI eks ISIS ini diserahkan ke negara tempat mereka berpijak saat ini.

Kata Ridwan, pemerintah Indonesia sepenuhnya menyerahkan nasib mereka ke otoritas negara di mana saat ini mereka berada. Atau opsi kedua, yaitu memulangkan ratusan WNI itu kembali ke Indonesia sepenuhnya. Terakhir, opsi ketiga adalah memulangkan WNI eks ISIS itu, namun dengan diseleksi terlebih dahulu.

Loading...

“Maksudnya membawa pulang tetapi selektif hanya wanita lemah dan anak-anak, dan itu juga harus dalam pertimbangan bahwa mereka yang dibawa pulang sudah melewati proses identifikasi proses screening, proses wawancara form bahwa mereka adalah bagian dari WNI,” ujarnya.

Sementara sebelumnya menurut Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), terdapat 660 WNI eks ISIS yang masih berada di Timur Tengah. Saat ini, pemerintah masih melakukan kajian untuk memulangkan atau melarang mereka kembali ke tanah air.

Comments

comments

BACA JUGA:  Prof Yudian Wahyudi Kembali Bikin Heboh akan Ganti Ucapan Assalamualaikum dengan Salam Pancasila.
Loading...
loading...