NASIONAL

Rencana Gubernur Sumut Musnahkan Ternak Babi Didemo Massa Sambil Teriak “Save Babi”

Massa yang meneriakkan “Save Babi” meramaikan jalanan protokol di Medan, Sumatera Utara pada Senin (10/2). Mereka bergabung meneriakkan protes lantaran Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi berencana memusnahkan ternak babi di wilayahnya.

Kebijakan ini diambil pasca virus flu babi dari Afrika dikabarkan sudah menjangkiti ternak di Sumut dan dikhawatirkan menular ke manusia. Virus yang sama juga dilaporkan menyebabkan ribuan babi di Bali mati.

Hal itulah yang melatarbelakangi Edy mengambil kebijakan memusnahkan ternak babi. Namun kebijakan ini menuai kecaman keras dari masyarakat, khususnya yang bergantung pada ternak itu untuk mencari nafkah.

Massa pun lantas bergabung melakukan gerakan aksi damai tolak pemusnahan babi. Lewat unjuk rasa yang digelar di depan Kantor DPRD Sumut, tajuk “Gerakan #SaveBabi pun disuarakan. “Save babi! Save babi!” demikian suara pengunjuk rasa.

Loading...

Salah satu pengunjuk rasa itu adalah Boasa Simanjuntak, yang menjadi orator. Dari atas mobil komando, Boasa berulang kali meneriakkan bahwa babi merupakan sumber perekonomian. Pihaknya dengan keras menentang segala bentuk pemusnahan babi.

“Kami makan dari babi! Anak kami kuliah dari babi! Save babi! Save babi!,” serunya.

Aksi itu berjalan damai dengan dikawal oleh pihak kepolisian. Hingga siang tadi, massa yang turut membawa sejumlah atribut seperti ulos dan spanduk penolakan masih bertahan di lokasi.

Aksi warga Sumut ini pun turut meramaikan lini masa Twitter hari ini. Dipantau pada Senin hingga pukul 19.30 WIB, tagar #SaveBabi masih berada di posisi kelima trending topic Indonesia.

 

Comments

comments

BACA JUGA:  KPK Pastikan Kasus Divestasi Saham PT Newmont yang Menyeret Nama Firli Bahuri Tidak Dihentikan
Loading...
loading...