Beranda POLITIK Nasrul Abit: Peran Ninik Mamak di Sumbar Harus Diperkuat

Nasrul Abit: Peran Ninik Mamak di Sumbar Harus Diperkuat

Nasrul Abit
Cagub Sumatera Barat (Sumbar) Nasrul Abit menjanjikan penguatan peran Ninik Mamak di masyarakat Sumbar. Gerindra Sumbar siap membantu mewujudkan janji itu.

Selama dua hari berkunjung ke Kabupaten Solok Selatan dalam rangka Kampanye, hampir di setiap titik pertemuan dengan warga, Nasrul Abit menampung aspirasi dari Ninik Mamak. Sebagian besar meminta Nasrul Abit memberikan perhatian lebih dan memperkuat peran Ninik Mamak sebagai garda terdepan untuk mendidik anak kemenakan dan mencetak generasi penerus yang berakhlak mulia dan tetap berpedoman kepada adat istiadat.

Menurut Nasrul Abit, peran Ninik Mamak dalam lingkungan kemasyarakatan Sumbar sangat penting. Ninik mamak lah yang bersentuhan langsung dengan anak kemenakan. Maka dari itu, menyandang gelar Datuak Malintang Panai, menjadi seorang tokoh adat, sudah barang tentu Ninik Mamak akan lebih diperhatikan lagi.

Nasrul Abit

“Ini sesuai dengan visi, misi, dan program kerja kami. Di poin lima tentang kemasyarakatan, kami akan memperkuat tata kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya berlandaskan falsafah adaik basabdi syarak-syarak basandi kitabullah,” kata Nasrul Abit, Selasa (27/10/2020). Ninik Mamak adalah kumpulan penghulu di Minangkabau.

Kembali ke pernyataan Nasrul Abit, Cagub Gerindra ini menegaskan, jika nanti diberikan amanah oleh masyarakat, maka peran Ninik Mamak akan diperkuat lagi. Nasrul mengatakan seluruh urusan yang menyangkut dengan adat dan istiadat serta budaya akan diserahkan sepenuhnya kepada Ninik Mamak. Pemerintah, dia melanjutkan, sifatnya hanya menfasilitasi dan mendorong peran Ninik Mamak.

Mario Syah Johan, Anggota Komisi Empat DPRD Sumbar dari Fraksi Partai Gerindra menegaskan, terkait dengan aspirasi dari para Ninik Mamak yang disampaikan langsung kepada Nasrul Abit, ditambah lagi sesuai dengan yang tercantum dalam visi, misi dan Program NA-IC, maka partai Gerindra akan mengawal untuk mewujudkan aspirasi itu menjadi kenyataan.

BACA JUGA:  Jokowi Tetapkan Pilkada 9 Desember Sebagai Hari Libur Nasional

Fraksi Gerindra di DPRD, kata Mario, akan mendorong Nasrul Abit menerbitkan Peraturan Gubernur apabila nanti terpilih. Pergub itu nantinya khusus diterbitkan mengucurkan dana untuk membantu Ninik Mamak menjalankan perannya.

“Nanti, kita akan dorong Pak NA kalau sudah dilantik dan menjabat sebagai Gubernur untuk menerbitkan Pergub sebagai landasan hukum atau regulasi untuk mengalokasikan anggaran untuk membantu Ninik Mamak,”kata Mario Syah Johan.

Mario menjelaskan, untuk sementara waktu yang paling memungkinkan adalah alokasi dana desa (ADD). Dana desa merupakan anggaran APBN yang lamgsung masuk ke desa-desa sesuai dengan UU desa.

“Nanti ADD ini dialokasikan untuk membantu kegiatan ninik mamak. Di sektor pemuda dan olah raga aja, bisa. Tentunya untuk kegiatan Ninik mamak juga bisa. Cuma kan selama ini tidak bisa diwujudkan karena belum ada regulasinya. Nah, melalui pergub itu lah nanti regulasinya,” tutup Mario Syah Johan.

loading...
Apa Tanggapan Anda Tentang Media Ini?