Iklan
Iklan

Pangeran Philip Suami Ratu Elizabeth Meninggal Dunia

- Advertisement -
Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth II, meninggal pada usia 99 tahun, menurut pengumuman Istana Buckingham.

Philip menikah dengan Putri Elizabeth pada tahun 1947, lima tahun sebelum dia menjadi Ratu, dan merupakan permaisuri kerajaan terlama dalam sejarah Inggris.

Pasangan itu memiliki empat anak, delapan cucu dan 10 cicit.

“Dengan kesedihan yang mendalam Yang Mulia Ratu mengumumkan kematian suami tercintanya, Yang Mulia Pangeran Philip, Adipati Edinburgh,” kata Istana Buckingham dalam sebuah pernyataan, Jumat. “Yang Mulia meninggal dengan damai pagi ini di Kastil Windsor. Pengumuman lebih lanjut akan disampaikan pada waktunya. Keluarga Kerajaan bergabung dengan orang-orang di seluruh dunia untuk berduka atas kehilangannya.”

Duke of Edinburgh dikenal sebagai salah satu anggota keluarga kerajaan yang bekerja paling keras selama masa jabatannya bersama raja yang paling lama memerintah di negara itu. Philip menikah dengan Putri Elizabeth pada tahun 1947 dan memenuhi ribuan tugas kerajaan.

pangeran philip ratu elizabeth inggris

“Dia adalah seseorang yang tidak mudah menerima pujian, tapi dia, sederhananya, telah menjadi kekuatanku dan bertahan selama ini, dan aku, dan seluruh keluarganya, dan ini dan banyak negara lain, berutang padanya hutang yang lebih besar dari yang dia ketahui, atau kita akan pernah tahu,” kata Ratu Elizabeth pada tahun 1997, memberikan penghormatan kepada suaminya pada ulang tahun pernikahan emas mereka, merayakan 50 tahun bersama.

Pada usia 96 pada Agustus 2017, Pangeran Philip pensiun dari tugas resmi kerajaan dengan “dukungan penuh dari ratu,” menurut Istana Buckingham.

Dia menyelesaikan 22.219 pertemuan sejak 1952, memberikan 5.496 pidato dalam perjalanannya ke lebih dari 76 negara, menulis 14 buku, menjadi pelindung 785 organisasi dan melakukan 637 kunjungan sendirian ke luar negeri, kata Istana Buckingham.

Bahkan setelah pensiun resminya, Pangeran Philip masih muncul di sisi Ratu Elizabeth untuk acara-acara seperti Remembrance Sunday, tetapi mundur selangkah dan menghabiskan lebih banyak waktu di Kastil Windsor dan Peternakan Kayu di Perkebunan Sandringham untuk menikmati lukisan, naik kereta, dan hobi lainnya.

pangeran philip ratu elizabeth inggris

Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth menikah pada tahun 1947 dan menandai ulang tahun pernikahan ke-73 mereka pada 20 November 2020.

Philip bertemu Putri Elizabeth untuk pertama kalinya pada tahun 1934 di pernikahan Putri Marina dari Yunani dan Denmark dan Pangeran George, Duke of Kent. Elizabeth bukan ahli waris yang terlihat pada saat itu tetapi menjadi demikian dua tahun kemudian setelah pamannya, Raja Edward VIII, turun tahta sehingga dia bisa menikahi warga Amerika, Wallis Simpson.

Selama akhir 1930-an dan awal 1940-an, keduanya bertemu beberapa kali. Putri Elizabeth yang masih sangat muda jatuh cinta pada Philip berambut pirang dan bermata biru. Pengasuhnya mencatat bahwa “ketampanan Viking” Philip cukup mengesankan sang putri.

pangeran philip ratu elizabeth inggris

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA