INTERNASIONAL

Pangkalan Militer Amerika Serikat di Afganistan Diserang

Pangkalan Militer Amerika Serikat di Afganistan
Lima roket menghantam pangkalan militer Amerika Serikat di Afganistan pada hari Kamis, tetapi tidak ada korban, kata dua pejabat keamanan senior, dan tidak ada kelompok militan yang mengaku bertanggung jawab.

Serangan ke pangkalan milik Amerika Serikat itu terjadi setelah pemerintah Afganistan membebaskan tahanan Taliban dari sebuah penjara di dekat pangkalan Bagram, sebagai bagian dari langkah membangun kepercayaan dalam kesepakatan perdamaian Amerika Serikat-Taliban yang bertujuan untuk mengakhiri sekitar dua dekade perang di Afganistan.

“Lima roket ditembakkan di lapangan udara Bagram pagi ini,” misi yang dipimpin NATO, Resolute Support, melaporkan di Twitter. “Tidak ada korban atau cedera.”

Roket yang menargetkan kompleks militer A.S. terbesar di Afganistan itu ditembakkan dari kendaraan yang diparkir di desa sebelah.

Seratus anggota Taliban dijadwalkan akan dibebaskan pada hari Kamis dari fasilitas penahanan di dekat pangkalan itu, menyusul pembebasan 100 anggota kelompok Islam garis keras tersebut pada hari Rabu.

Kesepakatan pertukaran tahanan mengatur agar pemerintah membebaskan 5.000 tahanan Taliban, dengan Taliban membebaskan 1.000 anggota pasukan keamanan Afganistan sebagai gantinya.

Namun Taliban menolak tawaran tersebut, dengan mengatakan mereka tidak dapat memverifikasi tahanan mana yang telah dibebaskan.

Pemerintah Afganistan mengatakan pihaknya berkomitmen untuk menghormati perjanjian itu tetapi tidak akan membebaskan komandan senior Taliban yang dituduh melakukan beberapa serangan paling brutal dalam beberapa tahun terakhir.

Comments

comments

BACA JUGA:  Amerika Serikat: Hong Kong Tidak Lagi Independen dari China
loading...