Home ENTERTAINMENT Parade Pertunjukan Seni Media Baru Digelar Kemendikbudristek

Parade Pertunjukan Seni Media Baru Digelar Kemendikbudristek

Parade Pertunjukan Seni Media Baru
Ngobras Spesial Rilis Karya Parade Pertunjukan Seni Media Baru / Foto: Dok. Ngobras
Program Parade Pertunjukan Seni Media Baru yang digagas oleh Direktorat Perfilman, Musik dan Media Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi bekerjasama dengan Garin Workshop kembali digelar.

Gelaran Program Parade Pertunjukan Seni Media Baru kembali hadir melihat kesuksesan pelaksanan tahun 2020 lalu secara daring.

Program Parade Pertunjukan Seni Media Baru yang bertujuan untuk membangkitkan kreativitas dan produktivitas seniman/komunitas seni di Indonesia diharapkan dapat menginspirasi anak muda dalam eksplorasi media baru.

Konferensi Pers Virtual Ngobras Spesial Rilis Karya/ Foto : Dok. Ngobras

Program Parade Pertunjukan Seni Media Baru hadir dengan berbagai macam rangkaian kegiatan untuk mengedukasi dan menginspirasi masyarakat Indonesia khususnya generasi muda, sehingga dapat merasakan pengalaman baru dalam menikmati pertunjukan seni.

Seperti tahun sebelumnya,acara ini akan membagikan berbagai pengalaman dan sharing proses kreatif, mulai dari Ngobras (Ngobrol Santai) hingga Parade Pertunjukan Seni Media Baru bersama Garin Nugroho dan narasumber kompeten lainnya, diharapkan banyak potensi baru yang dapat hadir tanpa terkendala ruang bertemu.

Tak hanya untuk mengasah lebih lanjut kreativitas para pelaku seni pertunjukan namun juga memperkuat sistem pengelolaan dan kolaborasi dalam seni pertunjukan.

Foto : Dok. Ngobras

Program ini terbuka untuk seniman muda Indonesia yang mempunyai gagasan pertunjukan seni dengan sentuhan media baru yang dituangkan dalam proposal.

Pendaftaran yang dibuka mulai dari 9 Juni –  9 Juli 2021 mencapai jumlah peserta 235 proposal dari seluruh provinsi di Indonesia. Setelah melalui proses seleksi , terpilihlah 6 proposal terbaik yang berhak mendapatkan dana produksi, pendampingan online (Inkubasi Kreatif) dan pendampingan kreatif maupun produksi dari mentor yang berpengalaman di bidangnya dalam berdiskusi ataupun membuka wawasan terhadap karya yang diproduksi.

Mentor-mentor yang dilibatkan dalam proses kreatif ini adalah para seniman yang berpengalam di dunia seni pertunjukan dan media baru, diantaranya Keni K. Soeriaatmadja selaku founder Sasikirana Dance Lab & DocumenTari, Deden Bulqini seorang Visual Artist, Iswadi Pratama, seniman sekaligus pendiri Teater satu di Lampung dan Garin Nugroho, seorang Penulis dan Sutradara Film dan pertunjukan.

Jadwal Tayang Parade Pertunjukan Seni Media Baru 2021 / Foto : Dok. Ngobras

Enam (6) karya dari proposal terpilih tahun ini akan menemani liburan akhir tahun untuk tetap #bahagiadarirumah dengan ditayangkan perdana secara Exclusive Gelar Karya Parade Pertunjukan Seni Media Baru 2021 untuk tetap dapat #nontondirumah melalui Kanal Budaya Indonesiana TV pada tanggal 20 – 25 Desember 2021 dan tayangan ulang di Youtube Budaya Saya pada tanggal 26 – 31 Desember 2021, diantaranya :

“Leviathan Lamalera” Karya dari Prehistoric Soul Project, Bali, “Arisan Siasat” Karya dari Artikulasi Performatif, Jogjakarta, “Gandrung Kedua” Karya dari Studio Klampisan, Banyuwangi, “Story of Tapa Malenggang” Karya dari Mendalo Dance Project , Jambi, “Rirang” Karya dari Siberdaya, Pontianak, “Mordana” Karya dari Whanid Project, Jogjakarta

“Potensi kreator seni pertunjukan di Indonesia yang sungguh luar biasa akan menjadi sia-sia jika tidak dirawat dengan baik. Program ini berangkat dari tumbuh-kembangnya seni pertunjukan di Indonesia, namun tidak sejalan dengan tumbuhnya regenerasi kreator muda yang mampu terus konsisten berkarya sekaligus membangun komunitas seni di lingkungannya.” Ujar Garin Nugroho.

Dalam rangkaian program Ngobras (Ngobrol Santai) Media Baru  NGOBRAS SPESIAL : RILIS KARYA diisi dengan bincang-bincang menarik bersama 6 perwakilan kelompok seni yang karyanya terpilih dan seniman profesional yang membagi ilmu dan pengalaman menangani proyek seni kolaboratif yaitu Garin Nugroho, Keni Soeriaatmadja, Deden Bulqini. Dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi  juga akan menghadirkan Dirjen. Kebudayaan, Bapak Hilmar Farid dan Bapak Ahmad Mahendra selaku Direktur Perfilman, Musik dan Media.

“Dengan kemajuan teknologi saat ini semakin mempermudah orang untuk lebih kreatif membuat karya yang isi pesannya membangun karakter bangsa dan bisa ditayangkan juga secara digital.” Menurut Ahmad Mahendra selaku Direktur Perfilman, Musik dan Media.

Ikuti juga akun media sosial dan website kami untuk terus mendapatkan informasi dan pengetahuan seputar program Parade Pertunjukan Seni Media Baru. (EH).

 

Exit mobile version