INTERNASIONAL

Pejabat Rusia Ketahuan Palsukan Data Covid-19

rusia covid-19
Sebuah bocoran rekaman suara menunjukkan seorang gubernur di Rusia yang menginstruksikan stafnya untuk mengubah data menyebabkan meragukan kebenaran data Covid-19 di Rusia.

Rekaman yang dirilis pada saluran media sosial anonim pada Senin pagi waktu Rusia, teredam dan agak sulit untuk diuraikan. Tetapi permintaan untuk “mengubah angka” – oleh seorang pria yang suaranya tampaknya adalah gubernur Lipetsk Igor Artamonov – cukup jelas. Tidak jelas dari rekaman tersebut merujuk ke data apa, tetapi data mereka, kata suara itu, akan membuat “orang … memikirkan hal-hal buruk tentang wilayah [itu].”

Pada satu titik, lawan bicara yang tidak dikenal mendorong kembali dan mengatakan mengubah data tidak akan mudah. “Ini bukan masalah satu klik dan kita selesai,” katanya. “Ini rumit.”

“Kalau begitu, latih dirimu untuk melakukannya!” kata suara pertama. “Kami sudah terlatih,” jawabnya.

Dalam komentarnya kepada media Rusia, Artamonov mengonfirmasi keaslian rekaman itu tetapi bersikeras bahwa itu ditafsirkan secara tidak adil. Pembicaraan itu bukanlah upaya untuk melaporkan angka-angka. Sebaliknya, itu merupakan upaya untuk mengoreksi kesalahan pelaporan ganda pada angka pengujian.

“Kami memiliki tiga layanan,” kata Artamonov kepada Znak. “Beberapa memberikan data ke satu tempat, dan yang lain ke tempat lain. Anda mendapatkan situasi di mana angka-angka tersebut tidak sepenuhnya faktual jika Anda tidak menyimpannya.”

Menurut data resmi terbaru, wilayah Lipetsk telah mencatat hanya lima kematian dari 1696 kasus yang didiagnosis Covid-19. Ini sesuai dengan tingkat fatalitas kasus 0,29 persen. Dengan kata lain, seperti bagian Rusia lainnya, jauh di bawah rata-rata dunia saat ini yang mencapai 6,42 persen.

BACA JUGA:  Donald Trump: 99% Kasus Covid-19 Tidak Berbahaya
loading...