Iklan
Iklan

Peluang Lulus SMA Ikut Seleksi CPNS Dibuka oleh Pemerintah

- Advertisement -
Peluang lulus SMA ikut seleksi CPNS kini terbuka. Hal ini disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo. Namun ia tegaskan hanya pada formasi tertentu.

“Untuk SMA itu spesifik. Untuk sipir, penjaga tahanan atau penjaga rutan. Tidak perlu keahlian khusus,” ujar Tjahjo, Kamis (18/3/2021).

Tjahjo menerangkan selain peluang ikut seleksi CPNS sejumlah pekerjaan dan kebutuhan tenaga di daerah masih diizinkan diisi dengan tenaga honorer.

Tjahjo memberi contoh di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta misalnya, posisi tenaga kebersihan atau petugas parkir masih bisa diisi tenaga honorer.

“DKI perlu tenaga kebersihan, tenaga parkir, tenaga (pembersih) gorong-gorong, kan nggak harus PNS. Ambil saja honorer. Ambil saja satu tahun dua tahun (kontrak), asal (gaji) UMR silakan,” ujar Tjahjo.

Dia menyatakan keputusan itu bisa dipertimbangkan daerah sesuai dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APDB).

Sementara untuk formasi lainnya yang ada di CPNS atau membutuhkan kemampuan khusus, Tjahjo menegaskan daerah tidak boleh merekrut tenaga honorer.

Sebelumnya, Tjahjo mengatakan pendaftaran untuk ikut seleksi CPNS dan PPPK non-guru 2021 bakal dibuka Mei hingga Juni mendatang. Sementara kebutuhan formasi akan diumumkan akhir bulan ini.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA