Iklan
Iklan

Pembakaran Kitab Suci Al-Qur’an oleh Politikus di Swedia Berujung Demonstrasi

- Advertisement -
Pembakaran kitab suci Al-Qur’an oleh politikus Denmark di Swedia, Rasmus Paludan mengundang reaksi keras dari Indonesia. Pemerintah Indonesia juga meminta WNI di sana tak terprovokasi.

“Indonesia mengecam aksi pembakaran kitab suci Al-Qur’an di Swedia oleh Rasmus Paludan, seorang politisi Denmark, di kota Linkoping dan Norrkoping,” ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Teuku Faizasyah, Sabtu (16/4).

Ia mengatakan Rasmus kembali melakukan aksi penistaan kitab suci Al-Qur’an pada Jumat (15/4) April 2022 di kota Rinkeby dan Örebro, Swedia.

Menurut Teuku, Rasmus menggunakan argumentasi kebebasan berekspresi untuk melecehkan agama dan kepercayaan satu kelompok.

“Menggunakan argumentasi kebebasan berekspresi untuk melecehkan agama dan kepercayaan satu kelompok adalah tindakan yang tidak bertanggung jawab dan terpuji,” ujarnya.

Sementara, KBRI Stockholm telah meminta seluruh WNI dan diaspora Indonesia di Swedia untuk tidak terpancing dan menghindari perbuatan yang berpotensi dapat melanggar hukum dan peraturan di Swedia.

https://www.instagram.com/p/CcXkSbgsnX9/?utm_source=ig_web_copy_link

Sebelumnya, kelompok anti-Muslim garis keras di Swedia pimpinan politisi sayap kanan Rasmus Paludan membakar kitab suci Al Quran. Tindakan ini berujung demonstrasi hingga melukai sembilan polisi.

Insiden tersebut bermula saat Rasmus dan partainya Stram Kurs berniat membakar Al Quran. Ratusan orang pun turun ke jalan untuk menentang tindakan ini di kota Linkoping pantai timur Swedia pada Kamis (15/4).

Demo itu berujung ricuh. Menurut rekaman di lokasi kejadian, terlihat sebuah mobil terbakar dan puluhan orang bertopeng menyerang mobil polisi. Imbasnya, sejumlah anggota kepolisian dilarikan ke rumah sakit.

 

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA