Iklan
Iklan

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Terbesar di Ukraina Direbut Rusia

- Advertisement -
Pasukan invasi Rusia merebut pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa pada Jumat dalam apa yang disebut Washington sebagai serangan sembrono yang berisiko menimbulkan malapetaka, meskipun kobaran api di gedung pelatihan padam dan para pejabat mengatakan fasilitas itu sekarang aman.

Pertempuran berkecamuk di tempat lain di Ukraina saat pasukan Rusia mengepung dan membombardir beberapa kota pada minggu kedua serangan yang diluncurkan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.

Seorang penasihat kepresidenan mengatakan Langkah Rusia telah dihentikan di kota selatan Mykolayiv setelah pihak berwenang setempat mengatakan pasukan Rusia telah memasukinya. Jika direbut, kota berpenduduk 500.000 orang itu akan menjadi kota terbesar yang telah jatuh ke tangan Rusia.

Kedutaan Besar AS di Ukraina menyebut serangan Rusia di pabrik Zaporizhzhia sebagai “kejahatan perang”. Juru bicara Pentagon John Kirby mengatakan itu menunjukkan betapa cerobohnya invasi Rusia.

“Itu hanya meningkatkan tingkat potensi bencana ke tingkat yang tidak ingin dilihat siapa pun,” katanya kepada CNN.

Video yang telah diverifikasi   menunjukkan satu gedung terbakar dan serentetan peluru masuk sebelum bola pijar besar menerangi langit, meledak di samping tempat parkir dan menyebabkan asap mengepul di seluruh kompleks.

Ribuan orang diyakini telah tewas atau terluka dan lebih dari 1 juta pengungsi telah melarikan diri dari Ukraina sejak 24 Februari, ketika Putin memerintahkan serangan terbesar di negara Eropa sejak Perang Dunia Kedua.

Meskipun pembangkit nuklir itu kemudian dikatakan aman dan api padam, para pejabat khawatir tentang keadaan genting itu.

Kepala Badan Energi Atom Internasional Raphael Grossi memberi penghormatan kepada staf pabrik Ukraina: “untuk keberanian mereka, untuk keberanian mereka, untuk ketahanan mereka karena mereka melakukan ini dalam keadaan yang sangat sulit.”

Pabrik itu tidak rusak , kata Grossi. Hanya satu dari enam reaktornya yang bekerja, dengan kapasitas sekitar 60%.

Seorang pejabat di Energoatom, operator pembangkit nuklir negara Ukraina, mengatakan seperti dikutip Reuters bahwa tidak ada pertempuran lebih lanjut dan radiasi normal, tetapi organisasinya tidak lagi memiliki kontak dengan manajer pembangkit atau kontrol atas bahan nuklirnya.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA