INTERNASIONAL

Pemerintah Jepang Pilih Perdana Menteri Baru

jepang yoshihide suga perdana menteri
Partai pemerintah Jepang akan memungut suara pada hari Senin tentang perdana menteri baru untuk menggantikan Shinzo Abe, dengan pemenangnya hampir pasti adalah perdana menteri berikutnya.

Bulan lalu, Abe mengumumkan pengunduran dirinya karena alasan kesehatan.

Pemenangnya diperkirakan secara luas adalah Yoshihide Suga yang berusia 71 tahun yang menjabat sebagai sekretaris kabinet dalam pemerintahan saat ini.

Dia dianggap sebagai sekutu dekat Abe dan kemungkinan akan melanjutkan kebijakan pendahulunya.

shinzo abe jepang

Setelah Partai Demokrat Liberal yang konservatif (LDP) telah memilih pemimpin barunya, akan ada pemungutan suara lagi pada hari Rabu di parlemen, di mana ia hampir pasti akan diangkat menjadi perdana menteri karena mayoritas LDP.

Mengambil alih di pertengahan masa jabatan, perdana menteri baru itu diharapkan menyelesaikan sisa periode saat ini, hingga pemilihan umum pada September 2021.

Lahir sebagai putra petani stroberi, Suga adalah politikus veteran.

Mengingat peran sentralnya sebagai sekretaris kabinet utama dalam pemerintahan, ia diharapkan dapat memberikan kesinambungan dalam memimpin pemerintahan sementara hingga pemilu 2021.

jepang perdana menteri

“Shinzo Abe dan pimpinan partai lainnya memilih Suga justru karena dia adalah kandidat ‘kontinuitas’ terbaik, seseorang yang menurut mereka dapat melanjutkan pemerintahan Abe tanpa Abe,” Koichi Nakano, dekan dan profesor ilmu politik di Sophia University Tokyo, kata BBC.

Meskipun tidak dianggap sebagai politikus yang paling energik atau bersemangat, Suga memiliki reputasi yang sangat efisien dan praktis.

Salah satu penampilannya yang paling menonjol baru-baru ini adalah selama masa transisi dari kaisar Jepang sebelumnya Akihito ke Naruhito saat ini pada tahun 2019. Suga memiliki tanggung jawab untuk mengungkap nama era baru Reiwa ke publik Jepang dan global.

jepang perdana menteri

Namun meski dia difavoritkan untuk merebut kepemimpinan LDP setelah pengunduran diri Abe, masih kurang jelas apakah dia akan memimpin partai itu dalam pemilihan umum tahun depan.

BACA JUGA:  Hampir 400 Ekor Paus Mati Terdampar di Australia

Para pengamat berpendapat bahwa pada saat itu, dinamika partai dapat bergeser untuk menempatkan orang yang lebih bersemangat di pucuk pimpinan yang dapat menjangkau pemilih umum yang lebih luas.

loading...