Beranda INTERNASIONAL Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi Tewas Bersama Dua Istrinya

Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi Tewas Bersama Dua Istrinya

Pemimpin ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi tewas bersama dua orang istri dan satu orang ajudannya dalam sebuah serangan yang dilancarkan oleh Amerika Serikat (AS) di Suriah. Kematian Abu Bakar al-Baghdadi dibenarkan oleh seorang pejabat intelijen Irak.

“Informasi Irak menegaskan bahwa Baghdadi, dua istri dan satu orang ajudannya tewas,” kata sebuah sumber yang dilansir Sputnik, Minggu (27/10/2019).

Sebelumnya pejabat itu mengatakan, pihak intelijennya yang memberitahu lokasi keberadaan pemimpin ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi kepada pasukan koalisi pimpinan AS. Intelijen tersebut mengetahui keberadaan Baghdadi di lokasi rahasia di Gurun Barat Irak.

“Kami terus-menerus berkoordinasi dengan CIA, memberikan informasi berharga yang dimiliki Dinas Intelijen Nasional Irak mengenai pergerakan dan tempat persembunyian Baghdadi. Kerja sama ini berhasil dan mencapai tujuan akhir membunuh Baghdadi,” ujarnya.

Terkait tewasnya Abu Bakar al-Baghdadi, Presiden AS, Donald Trump langsung memberikan pidato penting, Minggu pagi waktu setempat. Hal itu diungkapkan oleh juru bicara Gedung Putih, Hogan Gidley. Muncul spekulasi jika pidato penting yang akan disampaikan oleh Trump adalah pengumuman bahwa Baghdadi telah tewas.

Pada pidato itu, presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengucapkan terima kasih kepada Rusia, Suriah, Turki dan Irak atas bantuan dan dukunganya dalam operasi yang sukses menghabisi pemimpin ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi. Trump menuturkan, tanpa bantuan dan dukungan negara-negara itu, operasi tersebut tidak akan sukses dilaksanakan.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Rusia, Turki, Suriah dan Irak, dan saya juga ingin berterima kasih kepada Kurdi Suriah atas dukungan tertentu yang bisa mereka berikan kepada kami,” ucap Trump, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (27/10/2019).

BACA JUGA:  NASA: Bulan Mengandung Air, Dapat Tunjang Kehidupan
loading...